Breaking News:

Berita Kabupaten Tegal

Bupati Tegal Umi Azizah Hentikan Sementara Pembangunan Pabrik Gula di Warureja

Ia pun akan melakukan evaluasi di lingkup internal terkait proses pengkajian dokumen Amdal dari pemrakarsa oleh tim teknis

Istimewa
Bupati Tegal Umi Azizah, saat menerima audiensi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Tegal Bersatu di Ruang Rapat Bupati, Selasa (13/4/2021) lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI – Bupati Tegal Umi Azizah, menghentikan sementara proses pembangunan pabrik gula PT Wahana Gula Investama di Desa Kedungkelor, Kecamatan Warureja yang masih dalam tahap pengurugan.

Keputusan tersebut diambil karena salah satu izin usaha berupa analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) yang juga mencakup dampak lalu lintas belum mendapat persetujuan Pemkab Tegal. 

Pernyataan tersebut disampaikan Umi saat menerima audiensi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Tegal Bersatu di Ruang Rapat Bupati, Selasa (13/4/2021) lalu. 

Umi yang didampingi jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tegal seperti Kapolres Tegal, Komandan Kodim 0712/Tegal, Komandan Satradar 214/Tegal, dan Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Tegal, menyampaikan apresiasinya kepada LSM dan masyarakat yang telah ikut serta melakukan pengawasan.

“Ini adalah bukti kepedulian teman-teman LSM, mengingatkan pemerintah daerah dengan cara yang baik agar lebih cermat melakukan pembinaan dan pengawasan perizinan usaha, sekaligus ketaatan pelaku usaha pada prosedur dan ketentuan yang berlaku,” tutur Umi, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Kamis (15/4/2021). 

Menyikapi ini, Umi pun memerintahkan dinas terkait agar segera melakukan peninjauan lapangan. 

Ia pun akan melakukan evaluasi di lingkup internal terkait proses pengkajian dokumen Amdal dari pemrakarsa oleh tim teknis. 

Lebih lanjut Umi mengungkapkan jika dirinya telah berkomitmen mengawal proses perizinan investasi di Kabupaten Tegal, memberikan kemudahan serta jaminan kepada pelaku usaha tidak ada pungli dalam proses perizinannya.

Namun, dirinya menegaskan, tidak ada toleransi jika ada penyimpangan yang dilakukan investor atau pengusaha, termasuk pelanggaran perusahaan pabrik gula di Warureja ini atas kegiatan pra konstruksi yang dinilainya mendahului proses Amdal. 

Pihaknya pun membuka pintu masuknya laporan masyarakat jika ditemukan adanya pelanggaran.

Halaman
1234
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved