Breaking News:

India Catat Rekor Lagi Infeksi Covid-19 Mencapai 200.739 Kasus Baru

India kembali melaporkan rekor infeksi harian covid-19 mencapai 200.739 kasus baru selama 24 jam terakhir pada Kamis (15/4).

Editor: Vito
Freepik
Ilustrasi Virus corona 

TRIBUNJATENG.COM, NEW DELHI - India kembali melaporkan rekor infeksi harian covid-19 mencapai 200.739 kasus baru selama 24 jam terakhir pada Kamis (15/4).

Berdasarkan data yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan, ini adalah pertama kalinya kasus harian di India tembus di atas 200.000 sejak pandemi covid-19 muncul di negara tersebut.

Dengan tambahan tersebut, total kasus covid-19 di India mencapai 14,1 juta. Kini, India pun berada di belakangan Amerika Serikat (AS) yang memimpin perhitungan global dengan 31,4 juta kasus.

India juga melaporkan tambahan 1.038 kematian pada Kamis, sehingga total kematian akibat Covid-19 di negara tersebut menjadi 173.123.

Lonjakan kasus covid-19 di India datang bersamaan dengan festival Kumbh Mela yang berpusat di Sungai Gangga. Setidaknya, lebih dari 3 juta umat Hindu mengikuti festival itu.

Dalam festival itu, langkah pencegahan penularan virus tak dapat dilakukan, mengingat jumlah peserta yang membludak.

Lonjakan kasus baru yang mencapai rekor tertinggi itu menyebabkan Mumbai menerapkan kebijakan lockdown hingga akhir April untuk menahan penyebaran virus.

Ibu kota komersial India itupun ramai dengan pembeli yang menimbun persediaan sebelum lockdown berlaku. Antrean yang berkelok-kelok tampak di luar banyak toko bahan makanan saat penduduk menunggu giliran untuk masuk.

“Kami tidak tahu, apakah kami akan diizinkan untuk membuka kios kami mulai besok, jadi kami meminta pelanggan kami untuk menimbun sebanyak mungkin,” kata Susheela, seorang pedagang sayur jalanan.

Pemerintah India menyalahkan kegagalan yang meluas untuk memperhatikan pembatasan pergerakan dan interaksi sosial di antara populasi 1,39 miliar orang.

Peningkatan kasus terjadi terutama di negara bagian terkaya di India, Maharashtra, episentrum gelombang kedua pandemi. Negara bagian itu menyumbang sekitar seperempat dari total kasus virus corona di India(Kontan.co.id)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved