Breaking News:

Usaha Mikro

Mandiri Lapak Online 2021 Berdayakan UMKM Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta  

Bank Mandiri terus mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional melalui kegiatan pemberdayaan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Istimewa
Mandiri menyelenggarakan Mandiri Lapak Online 2021 yang merupakan bentuk dukungan serta kepedulian Bank Mandiri kepada Sektor UMKM di wilayah Jateng dan DIY. 

Penulis: Ruth Novita Lusiani 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Bank Mandiri terus mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional melalui kegiatan pemberdayaan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Terkait hal itu, Bank Mandiri menggelar serangkaian kegiatan pelatihan dan pemberdayaan bagi UMKM serta pemberian program diskon belanja bagi nasabah yang berbelanja di UMKM Mitra Bank Mandiri terpilih.

Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi, mengatakan kegiatan bertajuk Mandiri Lapak Online 2021 tersebut merupakan bentuk dukungan serta kepedulian Bank Mandiri kepada Sektor UMKM di wilayah Jateng dan DIY.

Baca juga: Ketua DPRD Nilai BPKAD Tak Mampu Data Aset Pemprov Jateng

Baca juga: Kejari Pekalongan Eksekusi Emas 17 Kg, Senilai Rp 5,6 Miliar

Baca juga: Top Skorer PSIS di Piala Menpora, Komarodin Tetap Bangga dengan Rekan Setim Meski Gagal Lolos

Baca juga: Inalilahi Wainalilahi Rojiun, Febi yang Hilang di Sungai Comal Ditemukan Meninggal

 
“Program ini juga dilatarbelakangi oleh adanya kesadaran bahwa UMKM merupakan sektor yang memiliki efek bola salju yang besar kepada sektor lainnya. Oleh karena itu, pemulihan sektor UMKM diharapkan dapat menjadi katalisator pemulihan ekonomi secara nasional,” kata Darmawan saat menyampaikan sambutan Kick Off Mandiri Lapak Online 2021, di Semarang, Rabu (14/4/2021). 

Sementara itu, Regional CEO Bank Mandiri Region VII Wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Dessy Wahyuni menambahkan, rangkaian kegiatan yang diselenggarakan mulai 14 April - 30 Juni 2021 tersebut akan diisi dengan kegiatan webinar bagi lebih dari 1000 UMKM dengan materi mulai dari pengelolaan keuangan, strategi pemasaran sampai dengan pengenalan produk transaksi dan pembiyaaan dari Bank Mandiri.

Selain itu Bank Mandiri Region VII Jawa 2 juga  memberikan berbagai program pendukung dan wadah informasi yang dapat dengan mudah diakses melalui www.bmri.id/lapakonline. Dia menyampaikan bahwa selain sebagai dukungan percepatan pemulihan ekonomi nasional itu sendiri, penyelenggaraan acara ini bertujuan untuk meningkatkan level UMKM dan mengenalkan UMKM mitra Bank Mandiri secara luas kepada masyarakat.

Sedangkan Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri, Aquarius Rudianto menambahkan pada akhir Maret 2021, Bank Mandiri wilayah kerja Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta telah menyalurkan KUR sebesar Rp 1,5 triliun, Ration Non Performing Loan (NPL) sebesar 0,2 persen dan menerbitkan QRIS kepada 34.952 nasabah UMKM sebagai sarana transaksi digital yang mudah dan murah.

Acara Kick Off Mandiri Lapak Online diselenggarakan secara daring dan dihadiri oleh lebih 800 partisipan yang sebagian besar berasal dari mitra UMKM Bank Mandiri serta Mandiri Agen. Turut menyambut dalam acara tersebut Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang menyambut baik insiatif Bank Mandiri Region 7 / Jawa 2 dalam memberdayakan UMKM yang berada di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Pada sambutannya Ganjar Pranowo menyampaikan para pelaku usaha UMKM membutuhkan pendampingan dan bantuan untuk UMKM bisa mengembangkan bisnisnya, keterlibatan Bank Mandiri diharapkan bisa membuat banyak para pelaku UMKM yang naik kelas. 

Sri Sultan Hamengkubuwono X menambahkan Pemda DIY menyambut baik dan mengapresiasi dikembangkannya Mandiri Lapak Online 2021 diakui Pemulihan dan Kebangkitan Ekonomi Regional Jateng dan DIY harus ditangani bersama secara cooperative, progression, dan siap berbagi dengan dukungan political action Bersama seluruh stakeholders. 

Selanjutnya, Perry Warjiyo Gubernur Bank Indonesia dalam sambutannya menyampaikan empat ajakan untuk kesuksesan UMKM diantaranya kucurkan kredit kepada dunia usaha khususnya UMKM, lakukan pendampingan UMKM, digitalisasi UMKM, dan sukseskan Gerakan Bangga Buatan Indonesia dengan membeli produk kebanggan Indonesia khususnya UMKM

Tidak ketinggalan Tokoh muda Gibran Rakabuming Raka, Walikota Surakarta, dalam sambutannya juga mengapresiasi Bank Mandiri yang telah mendukung pemberdayaan UMKM di wilayah Jawa Tengah dan DIY, diharapkan Mandiri Lapak Online memicu percepatan transformasi digital UMKM sehingga UMKM bisa bertahan di masa pandemi bahkan meningkatkan penjualan tambah Gibran. (Ute)

Penulis: Ruth Novita Lusiani
Editor: rival al manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved