Breaking News:

Stikes Telogorejo Semarang

Bahaya Alkoholik bagi Kesehatan Generasi Milenial

Semakin tinggi kadarnya maka akan semakin tinggiefek yang ditimbulkan, bisa secara langsung sampai dengan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

IST
Resa Nirmala Jona, dosen D3 Keperawatan Stikes Telogorejo 

Oleh: Resa Nirmala Jona 

Dosen D3 Keperawatan Stikes Telogorejo Semarang

PERNAH mendengar tentang alkoholik? Saat ini generasi milenial banyak yang mulai coba-coba mengonsumsi minuman beralkohol (alkoholik) tanpa memikirkan apa akibatnya, hanya karena rasa ingin tahu atau terbawa pergaulan. Banyak dari generasi milenial yang belum mengetahui apa dampak dari mengkonsumsi minuman beralkohol dalam jangka panjang bagi kesehatan dirinya. 

Minuman beralkohol memiliki kadar alkohol yang berbeda-beda mulai dari 4,5% hingga 40% tergantung jenisnya. Untuk minuman dengan kadar alkohol tinggi seperti Whiskey, Vodka, Gin dan Rum yang memiliki kadar alkohol 40%. Ada juga Bir dengan kadar alkohol 4,5 % dan Anggur memiliki kadar alkohol 11 %.

Kadar alkohol ini mempengaruhidampak kesehatan yang akan ditimbulkan, baik itu jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Semakin tinggi kadarnya maka akan semakin tinggiefek yang ditimbulkan, bisa secara langsung sampai dengan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Sirosis hati merupakan salah satu dampak bagi alkoholik. Berdasarkan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) di Indonesia menunjukkan bahwa data karakteristik prevalensi sirosis hati tertinggi terdapat pada kelompok umur 45-54 dan 65-74 tahun yang merupakan dampak jangka panjang dari pengguna alkohol.

Sirosis hati memang menjadi dampak paling buruk dari penyakit hati. Jadi, bagi generasi milenial jangan hanya memikirkan kesenangan sesaat, tapi pikirkanlah dampak yang akan ditimbulkan dari mengkonsumsi minuman beralkohol. Jangan mau dipanggil alkohlik, jika Anda peduli kesehatan. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved