Breaking News:

Berita Tegal

Bupati Tegal Umi Azizah Uji Kompetensi 20 Pejabat Eselon Dua, Jadi Bahan untuk Mutasi Jabatan

Bupati Tegal Umi Azizah, berencana melakukan uji kompetensi terhadap 20 orang pejabat pimpinan tinggi pratama atau eselon dua di lingkungan birokrasin

Istimewa
Bupati Tegal Umi Azizah, saat sedang memberikan pengarahannya di Ruang Rapat Bupati, Selasa (14/4/2021) lalu.  

Penulis: Desta Leila Kartika 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWIBupati Tegal Umi Azizah, berencana melakukan uji kompetensi terhadap 20 orang pejabat pimpinan tinggi pratama atau eselon dua di lingkungan birokrasinya. 

Saat memberikan pengarahannya di Ruang Rapat Bupati, Selasa (14/4/2021) lalu, Umi mengungkapkan jika uji kompetensi ini dimaksudkan untuk menilai kemampuan pejabatnya dalam menduduki jabatan eselon dua, disamping sebagai pertimbangan sebelum dilakukan mutasi jabatan.

Umi mengatakan, uji kompetensi diantara pejabat pimpinan tinggi pratama untuk mengisi jabatan eselon dua melalui mutasi ini merupakan komitmen pihaknya menjalankan amanat pasal 32 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Dari hasil uji kompetensi ini, dirinya bisa mempertimbangkan seorang pejabat eselon dua untuk dipindahkan ke jabatan lain sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya, termasuk ke jabatan eselon yang lebih rendah jika memang dinilai tidak memenuhi standar.

“Perubahan cepat dan ekspektasi tinggi dari masyarakat menuntut pemerintah secepatnya beradaptasi, meningkatkan kinerja organisasi dan layanan publiknya. Sehingga, ada jabatan critical di organisasi tertentu yang memang harus diisi pejabat yang benar-benar berkompeten,” jelas Umi, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Minggu (18/4/2021). 

Umi memandang, uji kompetensi ini adalah kesempatan bagi para pejabat eselon dua mengembangkan karirnya melalui proses mutasi. 

Dirinya berharap, pejabat yang mengikuti ini harus bisa berpikir jauh kedepan.

Peka pada perubahan di masyarakat dan mampu menangkap setiap peluang melalui rancangan inovasinya untuk menghasilkan lompatan besar yang bermuara pada kepuasan masyarakat.

“Jalani dan nikmati setiap prosesnya, bangun optimisme dan selalu mohon petunjuk dari Allah supaya diberikan kemampuan menjalankan tugas sebaik-baiknya sehingga bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara,” pesan Umi.

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved