Breaking News:

Incar Rudal AS, Taiwan Terus Lengkapi Persenjataan untuk Hadapi China

Taiwan sedang berusaha untuk mendapatkan rudal jelajah jarak jauh yang diluncurkan di udara dari AS, yakni AGM-158 buatan Lockheed Martin Corp.

Reuters
ilustrasi - Pesawat tempur AS dengan persenjataan rudal. 

TAIPEI, TRIBUN - Taiwan sedang berusaha untuk mendapatkan rudal jelajah jarak jauh yang diluncurkan di udara dari Amerika Serikat (AS), ketika pulau yang diklaim China itu memperkuat pasukannya dalam menghadapi peningkatan tekanan dari Beijing.

Sementara Taiwan mengembangkan rudal jarak jauhnya sendiri, untuk memberinya kemampuan menyerang balik jauh ke China jika terjadi perang. Taipe juga telah meminta bantuan AS untuk menyediakan persenjataan yang lebih canggih.

Ditanya parlemen tentang sistem senjata mana yang ingin Taiwan beli tetapi belum mendapat restu AS, Lee Shih-chiang, Kepala Departemen Perencanaan Strategis Kementerian Pertahanan Taiwan, menunjuk AGM-158 buatan Lockheed Martin Corp.

"Kami masih dalam proses mendapatkannya dari Amerika Serikat. Komunikasi sangat lancar dan normal," katanya, Senin (19/4).

Tetapi, dia tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai perkembangan komunikasi dengan AS tersebut.

AGM-158 JASSM, singkatan dari Joint Air-to-Surface Standoff Missile, memiliki jangkauan hampir 1.000 km, tergantung pada modelnya. Rudal itu dipasang pada pesawat tempur termasuk F-16 yang Taiwan operasikan.

Lockheed Martin mengatakan, rudal itu dirancang untuk menghancurkan target bernilai tinggi dan diluncurkan cukup jauh untuk menjaga posisi pesawat peluncur jauh dari sistem pertahanan udara musuh.

Adapun, China telah meningkatkan aktivitas militer di dekat Taiwan, ketika mencoba memaksa pemerintah di Taipei untuk menerima klaim kedaulatan Beijing.

Angkatan bersenjata Taiwan berada di tengah-tengah program modernisasi untuk menawarkan pencegah yang lebih efektif, termasuk kemampuan untuk menyerang balik pangkalan yang jauh dari pantai China jika terjadi konflik.

Secara tradisional, angkatan bersenjata Taiwan berkonsentrasi untuk mempertahankan pulau itu dari serangan China.

Halaman
12
Editor: Vito
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved