Breaking News:

Berita Kendal

Safari Ramadan Kendal Sasar 6 Titik Masjid, Dico: Percepatan Vaksinasi dan Bazar UMKM

Jajaran Pemerintah Kabupaten Kendal menggelar safari Ramadan 2021 dengan menyasar 7 titik lokasi.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Saiful Ma'sum
Bupati Kendal Dico M Ganinduto meninjau bazar UMKM dan sembako murah di Masjid An Nur Dusun Kersan Desa Tegorejo Kecamatan Pegandon, Senin (19/4/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Jajaran Pemerintah Kabupaten Kendal menggelar safari Ramadan 2021 dengan menyasar 7 titik lokasi. Enam di antaranya menyasar masjid yang tersebar di Kabupaten Kendal.

Dalam pelaksanaan safari Ramadan ini, Pe

Bupati Kendal Dico M Ganinduto meninjau bazar UMKM dan sembako murah di Masjid An Nur Dusun Kersan Desa Tegorejo Kecamatan Pegandon, Senin (19/4/2021).
Bupati Kendal Dico M Ganinduto meninjau bazar UMKM dan sembako murah di Masjid An Nur Dusun Kersan Desa Tegorejo Kecamatan Pegandon, Senin (19/4/2021). (TRIBUNJATENG/SAIFUL MA'SUM)

kab Kendal bersama Dinas Kesehatan melakukan percepatan vaksinasi kepada lansia dan pelayan publik. Selain itu, Dinas Perdagangan dan Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM setempat turut menyediakan bazar murah produk UMKM dan sembako untuk membantu kebutuhan warga Kendal  dengan harga terjangkau.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, pihaknya menarget 180.000 lansia dan petugas pelayanan publik tervaksin hingga akhir Juni nanti. 

Dengan itu, program vaksinasi Covid-19 bisa diteruskan kepada sasaran selanjutnya yaitu masyarakat rentan. 

"Selain itu, safarai Ramadan ini niatnya silaturrahmi kepada masarakat langsung untuk mendengarkan saran dan aspirasi dari masyarakat. Namun, perlu diketahui bahwa Covid-19 masih ada, sehingga masih perlu menjaga protokol kesehatan," terangnya usai mengikuti safari Ramadan di Masjid An Nur Dusun Kersan Desa Tegorejo Kecamatan Pegandon, Senin (19/4/2021).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kendal, Nur Sidik mengatakan, vaksinasi dengan menyasar lansia turut dilakukan pada 6 titik safari Ramadan. Masing-masing di Masjid An Nur Tegorejo, Masjid Baituttaqwa Limbangan, Masjid Al Ittiba Caruban Ringinarum, Masjid Al Muttaqin Sukolilan Patebon, Masjid Nurul Huda Selokaton Sukorejo, dan Masjid Al Muttaqin Krajan Kulon Kaliwungu.

"Setiap kegiatan menyasar 30-50 lansia. Untuk vaksinasi jemput bola tetap berlangsung selama Ramadan yang dijalankan oleh petugas Puskesmas masing-masing," ujarnya.

Sementara itu, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kendal turut menyalurkan bantuan kepada pihak masjid dan juga santunan kepada anak yatim piatu sepanjang safari Ramadan.

Wakil Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Kendal, Ali Tjasman mengatakan, pada tahapan safari Ramadan pertama diberikan bantuan Rp 5 juta untuk kebutuhan masjid. Bantuan tersebut bisa dimanfaatkan untuk tambahan pembangunan masjid hingga operasional kegiatan. 

Selain itu, tambah Ali, Baznas juga menyalurkan bantuan dana kepada 25 anak yatim piatu sekitar masjid. Masing-masing berhak menerima Rp 150.000 untuk membantu kebutuhan selama Ramadan. 

"Kami juga salurkan 2 buah kursi roda untuk warga yang membutuhkan. Jadi pada safari Ramadan 2021 ini, selain ada bazar sembako murah dari Dinas Perdagangan, Baznas menyalurkan hasil pengumpulan dana infaq. Ada 6 masjid nantinya, masing-masing Rp 5 juta. Kalau jumlah santunan anak yatim tergantung usulan ke Baznas," tuturnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved