Breaking News:

Ujian Sekolah di Karanganyar Batal Digelar Offline

Ujian sekolah bagi siswa kelas VI SD di Kabupaten Karanganyar batal digelar secara tatap muka. 

TribunJateng.com/Agus Iswadi
Bupati Karanganyar, Juliyatmono. 

Penulis: Agus Iswadi

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Ujian sekolah bagi siswa kelas VI SD di Kabupaten Karanganyar batal digelar secara tatap muka. 

Selain itu uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bagi siswa kelas VI SD sebagai persiapan ujian sekolah juga terpaksa tidak dapat dilakukan oleh pihak sekolah.

Semula Pemkab Karanganyar berencana menggelar uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sebagai persiapan ujian sekolah yang sedianya akan digelar secara tatap muka pada 26 April 2021. Namun rencana itu akhirnya dibatalkan mengingat hingga saat ini para guru belum menjadi sasaran vaksin Covid-19. 

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyampaikan, para guru yang tidak kunjung menerima vaksin Covid-19 menjadi pertimbangan kenapa ujian sekolah batal digelar secara tatap muka. 

Padahal dalam rangka persiapan PTM paling tidak guru harus menerima vaksin Covid-19 terlebih dahulu. Akan tetapi di sisi lain jumlah dosis vaksin saat ini memang terbatas. 
Menurutnya, kecil kemungkinannya para guru segera menerima vaksin Covid-19 dalam waktu dekat. 

"Oleh karena harus kita rubah. Ujian tidak mungkin tatap muka. Karena (guru) belum divaksin," katanya kepada Tribunjateng.com, Senin (19/4/2021). 

Terpisah, Kabid Dikdas (Pendidikan Dasar) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar, Endang Tri Hadining mengatakan, dinas sedang mempersiapkan rencana alternatif lain guna menindaklanjuti keputusan dibatalkannya ujian sekolah SD secara tatap muka. 

"Nanti soal ujian diambil orang tua di sekolahan dan dikerjakan anak di rumah. Setelah selesai dikumpulkan lagi ke sekolahan," imbuhnya. 

Lanjutnya, secara umum gambaran pelaksanaan ujian sekolah SD dikerjakan di rumah dan soal diambil orang tua murid. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan ada perubahan karena saat ini masih dalam pembahasan. 

Ujian sekolah SD di Karanganyar akan digelar pada 26 hingga 30 April 2021. Sedangkan ujian sekolah bagi siswa SMP digelar mulai 26 April hingga 3 Mei 2021.

Penulis: Agus Iswadi
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved