Breaking News:

BST Rp 300 Ribu dari Kemensos di Karanganyar Sudah Cair, Diterima 20.827 Orang

Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) senilai Rp 300 ribu dari Kementerian Sosial mulai disalurkan di tiga kecamatan di wilayah Kabupaten Karanganyar.

Tribun Jateng/ Agus Iswadi
Penyaluran BST di Balai Desa Ngijo Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar, Selasa (20/4/2021). 

Penulis: Agus Iswadi

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) senilai Rp 300 ribu dari Kementerian Sosial mulai disalurkan di tiga kecamatan di wilayah Kabupaten Karanganyar mulai hari ini, Selasa (20/4/2021). 

Penyaluran BST periode Maret-April dilakukan di Kecamatan Tasikmadu, Kebakkramat dan Karanganyar selama empat hari terhitung mulai hari ini. Di wilayah Kabupaten Karanganyar total ada sebanyak 20.827 penerima.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Waluyo Dwi Basuki menyampaikan, sebelumnya penerima BST di Karanganyar ada 17.635. Namun ada penambahan sebanyak 3.192 penerima. 

Akan tetapi tambahan penerima BST tersebut belum bisa menerima bantuan dalam waktu dekat ini karena masih dalam proses. Mereka tetap akan menerima BST pada bulan ini.

"Ada perkembangan, kemarin itu 17.635 (penerima), tambah 3.192 (penerima). Tapi yang 3.192 itu belum bisa menerima sekarang karena baru proses," katanya kepada Tribunjateng.com. 

Dia menjelaskan, penyaluran BST pada Maret kemarin sempat tertunda karena adanya proses verifikasi. Sehingga penyaluran BST dilakukan bersamaan dengan penyaluran April 2021. 

Lanjut Waluyo, apabila selama batas waktu penyaluran BST ada penerima yang belum mengambil bantuan, uang dapat diambil di Kantor Pos setempat. 

"(Penyaluran) yang dilayani Pos Karanganyar itu ada sejumlah 13.319 dan sejumlah 4.316 dilayani Kantor Pos Solo yang masuk wilayah barat seperti Jaten, Gondangrejo dan Colomadu," ungkapnya. 

Dia menambahkan, penyaluran BST pada Februari 2021 lalu ada sebanyak 267 bantuan yang tidak diambil karena sudah mampu, pindah tempat, meninggal dunia, dan tidak ada keterangan. Bantuan yang tidak diambil penerima akan kembali ke kas negara. 

Sesuai informasi terakhir dari Kementerian Sosial, penyaluran BST hanya dilakukan hingga April 2021. Dia belum tahu persis apakah penyaluran BST akan diperpanjang atau tidak.

(*)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved