Breaking News:

Berita Pati

Bupati Pati Haryanto Sebut Perolehan Pajak Minerba Tidak Sebanding dengan Kerusakan Jalan

Bupati Pati sebut perolehan pendapatan daerah dari pajak mineral tak sebanding dengan kerusakan jalan.

Tribun Jateng/Mazka Hauzan Naufal
Rapat Koordinasi Pengendalian Operasional Kegiatan (Rakorpok) Triwulan 1 di Pendopo Kabupaten Pati, Selasa (20/4/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Bupati Pati Haryanto menyebut, perolehan pendapatan daerah dari pajak mineral bukan logam dan bebatuan (minerba) tidak sebanding dengan kerusakan jalan yang terjadi akibat masifnya aktivitas pertambangan di bumi mina tani.

Untuk diketahui, anggaran pendapatan daerah Kabupaten Pati tahun 2021 di sektor pajak minerba ialah Rp 150 juta.

Adapun pada triwulan pertama, yakni per 31 Maret 2021, telah terealisasi Rp 94,329 juta atau 62,89 persen.

"Perlu kita cermati, dari pajak minerba ini pemerintah daerah dapat uang cuma Rp 150 juta, tapi kerusakannya senilai miliaran. Bisa dilihat, jalan antara Sukolilo-Prawoto rusak parah dilewati dump truck," ucap Haryanto dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Operasional Kegiatan (Rakorpok) Triwulan 1 di Pendopo Kabupaten Pati, Selasa (20/4/2021).

Menurut Haryanto, antara perolehan pendapatan dan kerugian yang terjadi tidak imbang.

Karena itu ia meminta jajarannya, dalam hal ini Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), untuk merumuskan cara agar ada peningkatan pendapatan dari pajak pertambangan ini.

"Kalau di Pati, di Sukolilo, Gembong, Margorejo cukup banyak (aktivitas tambang minerba). Tapi mungkin banyak yang ilegal. Kalau dibiarkan yang repot kita. Jalan kita rusak parah, sedangkan kita satu paket PL (pengadaan langsung) saja tidak dapat," tegas Haryanto.

Menurut Haryanto, hal ini mendesak untuk dirumuskan. Perlu dibuat aturan yang kira-kira bisa menjadikan pendapatan daerah sebanding dengan dampak aktivitas minerba.

"Kalau tidak bisa retribusi, coba dibebani bantuan material atau berupa apa. Nanti dirumuskan yang kira-kira tidak melanggar aturan. Ini tergantung ketegasan kita," tandas dia. (*)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved