Breaking News:

Berita Jateng

Duta Besar Jaroslav Bilang Banyak Produk UMKM Menarik dari Jateng yang Cocok Dipasarkan di Ceko

Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia, Jaroslav Dolecek melakukan kunjungan ke Jawa Tengah, Senin (19/4/2021).

Istimewa
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo saat berbincang dengan Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia 

Penulis: Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG- Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia, Jaroslav Dolecek melakukan kunjungan ke Jawa Tengah, Senin (19/4/2021).

Kunjungannya pun tak disia-siakan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo untuk memamerkan beragam produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) unggulan dari provinsi ini.

"Kemarin kan sama-sama merasakan ekonomi turun. Nah, bagaimana untuk meningkatkan perdagangan. Ini momentum umkm terlibat, saya ajak juga UMKM ke sini," kata Ganjar usai menerima Jaroslav Dolecek di kompleks Kantor Pemerintah Provinsi jateng.

Ganjar mengatakan ada banyak pembicaraan terkait peningkatan kerja sama antara Provinsi Jateng dan Republik Ceko. Terutama terkait kerja sama bisnis.

Pihak kedutaan juga mengungkapkan produk UMKM tidak cukup memasarkan dan berjualan saja agar bisa naik level dengan ekspor. Namun juga harus bisa masuk ke dalam supply chain industri besar.

Ia menambahkan, ada beberapa produk unggulan UMKM yang mampu mendapatkan tempat di hati warga luar negeri.

"Saya masih ingat saat di Polandia, di sana ada kopi enak dan terkenal namanya Luwaks Coffee dan Java Coffee. Itu semua dari Jateng. Selain itu, di Jateng yang bisa potensial handicraft, makanan olahan. Makanya tadi Dubes senang menikmati betul soal UMKM yang ada," jelasnya.

Sementara, Duta Besar Jaroslav Dolecek mengatakan terkesan dan menjanjikan apa yang disampaikan Pemerintah Provinsi Jateng. Menurutnya, produk dari Jateng yang cocok dibawa dan dinikmati warga Ceko.

"In the end of meeting there are so many products, food products, art products. People in Czech are very happy, can try it, can use it, can bite. Try to how to distribute to consumer Czech people (di akhir pertemuan ada banyak produk, makanan, kerajinan. Orang Ceko sangat senang untuk mencoba, menggunakan, mengkonsumsinya. Bagaimana untuk mendistribusikan ke warga Ceko)," kata Jaroslav.

Selain itu, kata dia, masih banyak sektor lain yang bisa dikerjasamakan antara Jateng dan Ceko. Antara lain di bidang energi terbarukan, infrastruktur, pendidikan dan lingkungan yang berkelanjutan.

Selain itu, kata dia, Jateng berada di lokasi strategis untuk bisa meningkatkan pariwisata.

"I will invite potential business partners, specify some sector of cooperation for example renewable energy, infrastructure. Because of the location of Central Java, I think good to be a guide of the door to the western and east, especially tourism, also education, and also how to create a sustainable environment. A lot of potential area cooperation," ucapnya.(mam)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: rival al manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved