Breaking News:

Berita Salatiga

Masuk Wilayah Aglomerasi, Satlantas Polres Semarang Tak Berlakukan Penyekatan Selama Mudik

Satlantas Polres Semarang tidak akan memberlakukan penyekatan pada pintu masuk wilayah Kabupaten Semarang selama mudik libur Lebaran 2021

Tribun Jateng/Deni Setiawan
Begini kondisi lalu lintas di sekitar Exit Tol Tingkir pada Rabu (21/6/2017) siang. Terlihat antrian kendaraan pemudik yang keluar Gerbang Tol Salatiga di Pertigaan Exit Tol Tingkir. 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Satlantas Polres Semarang tidak akan memberlakukan penyekatan pada pintu masuk wilayah Kabupaten Semarang selama mudik libur Lebaran 2021.

Kasat Lantas Polres Semarang AKP Rendy Johan mengatakan kebijakan tersebut diterapkan menyusul tidak adanya larangan mudik lokal di area Semarang Raya atau wilayah aglomerasi. 

"Kami tidak ada perintah penyekatan, sekarang ini fokus operasi keselamatan, dan upaya pencegahan Covid-19 sosialisasi banyak di rest area," terangnya saat dihubungi Tribunjateng.com, Selasa (20/4/2021) 

Menurut AKP Rendy, guna memaksimalkan edukasi terhadap pengguna jalan pada res area tol KM 429 dan 456 diperbanyak aktivitas sosialisasi mengenai bahaya virus Corona (Covid-19). 

Ia menambahkan, beberapa pengeras suara yang dipasang selama arus mudik libur Lebaran 2021 akan diperbanyak materi soal pentingnya menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan. 

"Kami juga menyebar leaflet di sela-sela operasi lalu lintas rutin. Jadi mulai Kota Semarang, Ungaran, Demak, Grobogan, Kendal tidak ada pembatasan mudik lokal," katanya

Sedangkan bagi pendatang yang pulang ke kampung halaman dari daerah lain diperkuat dengan pengetatan PPKM Mikro.

Kemudian, turut dilibatkan unsur TNI dan tenaga medis baik bidan desa maupun Puskesmas. 

Sementara Kasat Lantas Polres Salatiga AKP Sopian mengaku operasi lalu lintas menjelang libur hari raya Idul Fitri sudah dilakukan secara berkala. 

"Pemeriksaan kendaraan dari luar provinsi kami siapkan posko check poin di Blotongan dan Exit Toll Tingkir secara berkala. Lalu, edukasi agar tidak mudik, mematuhi protokol kesehatan dan keselamatan berlalulintas. Semua itu sudah berjalan," ujarnya (ris) 

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved