Breaking News:

Berita Slawi

Meneladani Sosok Kartini, Bupati Tegal Umi Azizah: Pintu Kemajuan Perempuan Adalah Pendidikan.

Bupati Tegal Umi Azizah meneladani sosok RA Kartini terutama sisi kesederhanaan, kepedulian, kerjakeras.

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Bupati Tegal Umi Azizah

Bupati Tegal Umi Azizah, saat ditemui di ruang kerjanya Selasa (20/4/2021). Pada kesempatan ini membahas mengenai kisah perjuangannya sebelum menjadi Bupati dan bagaimana sosok RA Kartini menurutnya. Bupati Umi pun menyebut dirinya sangat meneladani sosok Kartini yang terkenal sederhana dan gigih dalam memperjuangkan hak perempuan.
Bupati Tegal Umi Azizah, saat ditemui di ruang kerjanya Selasa (20/4/2021). Pada kesempatan ini membahas mengenai kisah perjuangannya sebelum menjadi Bupati dan bagaimana sosok RA Kartini menurutnya. Bupati Umi pun menyebut dirinya sangat meneladani sosok Kartini yang terkenal sederhana dan gigih dalam memperjuangkan hak perempuan. (Tribun Jateng/Desta Leila Kartika)

meneladani sosok RA Kartini terutama sisi kesederhanaan, kepedulian, kerja keras, optimis, keberanian, keinginan belajar, perjuangannya mengubah stigma masyarakat zaman dulu bahwa perempuan harus tetap sekolah, dan masih banyak lagi yang bisa diteladani dari sosok tangguh ini.

Ditemui di ruang kerjanya pada Selasa (20/4/2021), perempuan nomor satu di Kabupaten Tegal Ini pun mengaku mengagumi sosok RA Kartini.

Ia menilai RA Kartini sebagai sosok yang fisioner yang bisa melampaui zamannya. 

Kartini kecil sudah mulai berpikir bagaimana mendobrak kebiasaan-kebiasaan dulu, sehingga menjadi pintu masuk supaya kaum perempuan bisa lebih maju. 

"Perempuan itu harus pintar, harus tau dunia luar apalagi di era teknologi seperti sekarang ini. Perempuan harus sekolah, inilah beberapa hal yang diperjuangkan oleh RA Kartini. Beliau ingin mendobrak stigma masyarakat bahwa perempuan hanya di dapur, kasur, dan sumur. Ia melakukannya dengan keberanian yang ada, kemauan belajar yang keras, semangat, optimis dan pantang menyerah inilah karakter beliau yang benar-benar saya teladani dan terapkan di kehidupan," terang Umi, pada Tribunjateng.com.

Selain keberanian dan ketugahan Kartini terhadap kemajuan kaum perempuan, hal lain yang membuat Umi terkesan dengan sosok Kartini yaitu kesederhanannya.

Meski RA Kartini merupakan keturunan atau memiliki darah bangsawan tapi beliau sangat sederhana dan memiliki jiwa serta kepedulian yang sangat tinggi.

"Saya kagum bangsawan biasanya terbiasa dengan segala kelebihan yang dipunya. Tapi beliau RA Kartini tidak demikian, beliau tetap berpenampilan sederhana, kepeduliannya sangat besar inilah yang menurut saya sangat penting. Sehingga jujur saya sangat terinspirasi, tidak hanya teori saja tapi harus dipraktekan dan harus diasah. Bagaimana cara mengasahnya? Ya dengan kita terjun langsung ke bawah atau melihat langsung persoalan yang ada disekitar," ungkapnya.

Pada momen peringatan hari Kartini Rabu (21/4/2021) besok, Bupati Umi berpesan kepada para kaum perempuan bahwa ditengah keterbatasan dalam beraktivitas dimana kaum perempuan dihadapkan dengan banyak persoalan, seperti mendampingi anak daring, mesiasati penghasilan yang berkurang, dan lain-lain harus dihadapi dengan sabar, kuat, tangguh, tapi tetap berinovasi.

Halaman
1234
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved