Breaking News:

Berita Kebumen

Pesisir Selatan Kebumen Didorong Jadi Kawasan Industri Bahari

-Kabupaten Kebumen memiliki garis pantai sepanjang 57,5 kilometer, termasuk lahan kawasan industri.

Istimewa
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto saat rapat koordinasi bantuan cold storage di Pantai Surumanis Desa Pasir Kecamatan Ayah Kebumen, Rabu (3/3/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KEBUMEN-Kabupaten Kebumen memiliki garis pantai sepanjang 57,5 kilometer, termasuk lahan kawasan industri.

Sayang, hingga kini potensi itu belum tergarap dengan baik. 

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mendorong potensi tersebut sebagai kawasan industri bahari.

Bupati menjelaskan, pembangunan kawasan industri bahari ini untuk meningkatkan upaya pemanfaatan lingkungan alam, khususnya sebagai sumber daya sosial dan ekonomi. 

Di antaranya melalui penyiapan tempat pengolahan ikan maupun udang dengan sistem pengelolaan yang berwawasan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. 

Bupati Arif mengatakan di tahun 2021, pembangunan kawasan ini secepatnya akan diwujudkan. 

‘’Mulai dari Kecamatan Puring, Petanahan hingga Kecamatan Klirong ini akan kita manfaatkan sebagai kawasan industri bahari. Di dalamnya nantinya ada tempat pengolahan ikan maupun udang. Kami usahakan, tahun ini bisa terealisasi, "katanya, Selasa (20/4/2021) 

Bupati mengungkapka, Pemkab sejuah ini selalu berupaya memberikan dukungan kepada para masyarakat nelayan, salah satunya melalui pemberian dana talangan. 

Ini karena keprihatinan pihaknya, pada saat musim panen, uang mereka ternyata tidak langsung dibayarkan oleh para pengepul.

Selain itu, Arif juga melihat hasil panen para petambak udang belum cukup maksimal. Dalam sekali musim panen, mereka hanya bisa menghasilkan 5 sampai 7 ton udang per hektar.

Padahal jika dikelola secara profesional, idelanya bisa memperoleh hasil hingga 35 hingga 40 ton dalam setiap musim panen. 

"Untuk itu melalui Industri bahari ini nantinya  kita bina kita tata secara profesional,’’ katanya.(*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved