Breaking News:

Berita Sragen

RA Kartini Dimata Bupati Sragen

RA Kartini selalu menjadi inspirasi bagi setiap wanita perempuan di manapun, termasuk Bupati Sragen.

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Mahfira Putri Maulani
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Raden Ayu (RA) Kartini selalu menjadi inspirasi bagi setiap wanita perempuan di manapun, termasuk Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Hal itu disampaikan Bupati Yuni sapaan akrabnya ketika ditemui Tribunjateng.com. Tidak hanya menginsipirasi, Yuni menyampaikan RA Kartini pasti menjadi idola seluruh perempuan Indonesia.

"Saya kira bukan hanya saya pribadi tapi saya pikir seluruh masyarakat Indonesia pasti mengidolakan beliau, RA Kartini selalu menjadi inspirasi bagi setiap wanita dimana pun," kata Yuni, Selasa (20/4/2021).

Yuni melanjutkan, Kartini ialah tokoh pendobrak sebuah era kemapanan zaman dulu. Kegelisahan seorang perempuan yang dianggap suatu hal yang tabu dan sekarang menjadi pijakan bagi para perempuan.

Menurutnya semua perempuan itu hebat dan perempuan bisa maju. Yuni meminta para perempuan agar jangan pernah berpikir perempuan berada di bawah laki-laki.

"Walaupun tentu, secara kodrati kalau kita sebagai istri kita sebagai ibu tentu harus berperan secara maksimal. Justru di situlah bisa dilihat peran perempuan yang sesungguhnya," lanjut Yuni.

Dari rumah tangga, Yuni meyakini Ibu bisa mencetak generasi penerus bangsa yang baik serta penerus bangsa yang baik.

Tidak hanya itu, Yuni juga menyinggung background dirinya dari politik yang membawanya menjadi bupati, peluang besar bagi perempuan.

"Saya kira sekarang sudah terbuka lebar kesempatan untuk perempuan. Banyak sekali pemimpin-pemimpin perempuan. Anggota DPRD perempuan, bupati perempuan."

"Bukan hanya sekedar membawa garisan di aktivitasnya jadi tidak hanya sekedar saya menggarisbawahi pendapat orang lain.Tapi kita punya pendapat sendiri," terangnya.

Majunya seorang perempuan dikatakan Yuni tidak bisa jauh dari belajar. Yuni mengatakan  aktualisasi diri perempuan tidak akan diperoleh kalau tidak rajin membaca dan beragam jenis bacaan yang dibaca.

Yuni mengajak seluruh perempuan di Indonesia agar semangat, mengingat perempuan disebut sebagai ibu bangsa dan tiang bagi negara.

"Untuk perempuan Sragen ayo saatnya kita membuktikan bahwa di tengah pandemi, kita bisa memberikan contoh dan juga kita bisa membantu ekonomi keluarga dengan kemampuan dan skill yang kita miliki," katanya.

Kemampuan mulai dari memasak, bekerja hingga berbisnis. Yuni meyakini insting bisnis perempuan sangat luar biasa, hal ini dibuktikan dengan UMKM yang notabenenya dikelola perempuan. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved