Breaking News:

Berita Sragn

Bupati Sragen Akan Dorong Perempuan Masuk Dalam Jabatan Struktural

Yuni bahkan optimis pihaknya bisa mendapatkan grade yang lebih tinggi dari Parahita Ekapraya di tahun depan

Tribun Jateng /Mahfira Putri Maulani
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati sampaikan kesetaraan gender bagi perempuan di Sragen terlebih dalam pekerjaan sudah tidak ada.

Berdasar data, kondisi awal 2016 Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) Sragen ialah 61,80. Saat itu, Sragen masuk dalam posisi enam rendah provinsi Jawa Tengah.

Pada 2018 IDG di Sragen sebesar 62,48. Pada 2018 Kabupaten Sragen mendapatkan penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) peringkat madya.

Yuni mengatakan pada waktu penilaian Parahita Ekapraya, kesetaraan gender Kabupaten Sragen membaik dan sesuai dengan target bahkan lebih.

Anugerah Parahita Ekapraya adalah penghargaan yang diberikan Pemerintah Pusat sebagai pengakuan atas komitmen, upaya dan prestasi lembaga serta pemerintah daerah provinsi/ kabupaten/ kota atas pelaksanaan pembangunan yang menjamin kesetaraan dan keadilan gender.

Mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan hasil yang dicapai bagi semua penduduk, laki-laki dan perempuan, melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Yuni bahkan optimis pihaknya bisa mendapatkan grade yang lebih tinggi dari Parahita Ekapraya di tahun depan.

Banyaknya perempuan yang menjadi pejabat eselon dikatakan Yuni menjadi salah satu dari sekian banyak indikator yang dilakukan penilaian.

"Itu hanya salah satu indikator, berapa sih prosentase pejabat struktural yang perempuan itu salah satu yang dinilai," kata Bupati Yuni.

Terkait peluang para perempuan menjadi pejabat eselon, Yuni menegaskan pihaknya membuka lebar dan kesempatan yang sama bagi para perempuan dengan laki-laki.

Halaman
12
Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved