Breaking News:

Dihadiri Pemimpin Junta Militer, KTT ASEAN di Jakarta Diharapkan Bisa Bantu Krisis Myanmar

Juru bicara junta militer Myanmar, Zaw Min Tun, mengonfirmasi Panglima Jenderal Senior Min Aung Hlaing akan menghadiri pertemuan pemimpin ASEAN.

BBC Indonesia /kompas.com
Jenderal Min Aung Hlaing 

NAY PYI TAW, TRIBUN - Juru bicara junta militer Myanmar, Zaw Min Tun, mengonfirmasi Panglima Jenderal Senior Min Aung Hlaing akan menghadiri pertemuan pemimpin ASEAN di Jakarta pada Sabtu (24/4).

Kepada Nikkei Asia, Min Tun mengatakan, Min Aung Hlaing akan pergi ke Jakarta untuk menghadiri pertemuan pemimpin negara ASEAN terkait dengan situasi di negaranya pasca-kudeta tersebut.

Kehadiran Min Aung Hlaing juga dibenarkan oleh Malaysia. Menteri Luar Negeri Malaysia, Hishammuddin Hussein mengatakan, Min Aung Hlaing akan hadir dalam pertemuan di Jakarta akhir pekan ini.

"Jenderal Min akan hadir," katanya, kepada wartawan di Kuala Lumpur, seperti dikutip Reuters.

Ia menyebut, Perdana Menteri (PM) Malaysia Muhyiddin Yassin, juga akan menghadiri pertemuan itu.

Hussein menyatakan, pihaknya berharap Myanmar akan menerima perwakilan dari negara-negara Asia Tenggara untuk mengamati dan membantu negara yang dilanda krisis untuk kembali normal.

"Kami berharap bahwa dengan diskusi yang akan datang di Jakarta, Myanmar akan setuju untuk menerima perwakilan dari pimpinan ASEAN Brunei atau sekretariat ASEAN di Jakarta untuk mengamati dan membantu Myanmar kembali normal," paparnya.

Brunei Darussalam selaku ketua ASEAN juga resmi mengumumkan pertemuan tinggi pekan ini melalui akun Twitter.

Sultan Hassanal Bolkiah akan ke Jakarta untuk memimpin rapat yang akan diselenggarakan di Gedung Sekretariat ASEAN sekitar Sabtu siang.

Sementara itu, pemerintah tandingan junta militer Myanmar dikabarkan tidak diundang ke pertemuan tersebut.

Halaman
12
Editor: Vito
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved