Breaking News:

Berita Jateng

Kejati Jawa Tengah Terima Penghargaan dari Pelindo III

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah menerima penghargaan dari PT Pelindo III atas bantuan hukum yang diberikan sebagai Jaksa Pengacara Negara (JPN).

Tribun Jateng/ Zaenal Arifin
Direktur Utama Pelindo III, Boy Robyanto (kiri), menyerahkan penghargaan kepada Kajati Jawa Tengah, Priyanto (kanan), di Aula Lantai 6 Kantor Kejati Jawa Tengah, Selasa (20/4/2021). 

Penulis: Zaenal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah menerima penghargaan dari PT Pelindo III atas bantuan hukum yang diberikan sebagai Jaksa Pengacara Negara (JPN).

Penghargaan diserahkan oleh Direktur Utama Pelindo III, Boy Robyanto, kepada Kajati Jawa Tengah, Priyanto, di Aula Lantai 6 Kantor Kejati Jawa Tengah, Selasa (20/4/2021).

Kajati Jawa Tengah, Priyanto mengatakan, penghargaan tersebut diterima sebagai apresiasi bantuan hukum dalam penyelesaian ganti rugi kasus sengketa non litigasi atas tertabraknya crane dari Kapal Soul of Luck kepada Shipping Owners.

"Penyelesaian ganti rugi itu akhirnya terbayar sehingga kita dapat menyelamatkan keuangan negara sebesar 5 juta USD atau setara Rp 70 miliar," kata Priyanto.

Dalam penanganannya, Priyanto menuturkan, dilakukan sejak Juli 2019. Penanganan oleh JPN berupa mediasi untuk menyelesaikan masalah ini daripada ke pengadilan. Meskipun, mediasi terjadi setelah dilakukan somasi hingga 3 kali.

"Tak hanya di Pelindo III saja, kami tegaskan bahwa kami selaku JPN siap melakukan pengawalan, khususnya proyek strategis nasional," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Pelindo III Boy Robyanto mengucapkan banyak terima kasih kepada Kejati Jawa Tengah karena telah membantu dalam menangani perkara tersebut.

Disampaikannya, atas insiden yang terjadi, mengakibatkan Pelindo III kekurangan satu crane selama 20 bulan.

"Sebab alat itu hancur dan tidak bisa difungsikan. Dengan adanya ganti rugi ini, kami bisa kembali membeli crane. Pencapaian kali ini merupakan keberhasilan paling tinggi sejak 1992," tuturnya.

Boy menambahkan, kolaborasi antara Pelindo III dan Kejati Jawa Tengah dilakukan terus menerus. Penyelesaian perkara tersebut sekaligus menjadi bukti kedekatan antara Pelindo III dengan kejaksaan. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: rival al manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved