Breaking News:

RSUD Moewardi Solo Berhasil Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Ba dan Br Ditanggung BPJS

Tim Dokter RSUD Dr Moewardi untuk kali pertama berhasil melakukan operasi pemisahan bayi laki-laki kembar siam. 

Istimewa
Bayi kembar siam Ba dan Br yang berhasil dipisahkan oleh tim dokter RS Moewardi Solo, Rabu (21/4/2021). 

Penulis: Muhammad Sholekan 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Tim Dokter RSUD Dr Moewardi untuk kali pertama berhasil melakukan operasi pemisahan bayi laki-laki kembar siam

Operasi tersebut berlangsung pada Rabu (21/4/2021), pukul 08.00 hingga 11.55 WIB. 

Setelah operasi dilakukan, saat ini kedua bayi masih menjalani perawatan di ruang intensive dalam pengawasan Dokter Spesialis Anak Konsultan Intensive Pediatric dan perawat khusus. 

Pemantauan terhadap Bayi Ba dan Br ini dilakukan terus-menerus selama 24 jam hingga kondisinya stabil dan siap dipindahkan ke ruang rawat inap biasa. 

Bayi kembar siam berinisial Ba dan Br tersebut berusia 14 bulan. Keduanya lahir di Karanganyar dalam kondisi kembar dempet dada sampai perut (emphalopagus) dengan masing-masing memiliki organ vital utuh. 

Bayi Ba dan Br mulai diperiksa dan dipantau oleh Tim Dokter RSUD Dr Moewardi sejak lahir. Setelah melakukan pemeriksaan berlanjut dan persiapan khusus, Tim Dokter RSUD Dr Moewardi akhirnya menjadwalkan operasi 

pemisahan bayi kembar siam pada hari ini. 

“Tim Operasi yang diketuai dr. Suwardi, Sp.B., Sp.BA ini melibatkan 18 dokter spesialis, dua dokter umum, dan perawat. Dokter spesialis yang terlibat di antaranya yakni Dokter Spesialis Anestesi, Bedah Plastik, Bedah Anak, Bedah Toraks Kardiovaskular (BTKV), Ahli Pediatri dan Konsultan Intensive Anak, serta Spesialis Anestesi Konsultan Intensive Care (KIC). Selain Tim Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam ini, kami juga melibatkan Dokter Psikiatri Anak serta Tim Mediko Legal RSUD Dr. Moewardi,” jelas Direktur RSUD Dr. Moewardi, Dokter Cahyono Hadi dalam rilis yang diterima Tribun Jateng. 

Dalam jalannya operasi, sebanyak dua Dokter Spesialis Anestesi yang terlibat bertanggung jawab dalam proses persiapan, pembiusan, dan setting tempat. 

Halaman
12
Penulis: Muhammad Sholekan
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved