Breaking News:

Wawancara Eksklusif

WANSUS: Salman Subakat Beberkan Rahasia Pengembangan Wardah Kosmetik

Salman Subakat CEO Wardah atau Paragon Technology and Innovation (PTI) berkesempatan mampir ke kantor Redaksi Tribun Jateng

TRIBUNJATENG
WAWANCARA CEO WARDAH - Wawancara Ekslusif dengan Salman Subakat CEO Wardah di Kantor Redaksi Tribun Jateng, Selasa (20/4/2021) malam. (TRIBUNJATENG) 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Salman Subakat CEO Wardah atau Paragon Technology and Innovation (PTI) berkesempatan mampir ke kantor Redaksi Tribun Jateng, dalam rangkaian Safari Ramadan Lintas Jawa bersama Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional, DR Aqua Dwipayana, Selasa, (20/4/2021) malam.

Dipandu Host Tribun Jateng, Ruth Novita Lusiani, Salman Subakat yang merupakan sarjana Teknik Elektro ini mengungkapkan seluk beluk Wardah, capaian prestasi, pemasaran produk Wardah kosmetik serta ekspor ke negara tetangga.

Bisa kenalan singkat Pak Salman?
Baik terima kasih Tribun Jateng, saya Salman Subakat CEO Paragon Technology and Innovation. Iya saya sarjana Teknik Elektro yang kini berkecimpung di Wardah Kosmetik.

Sejak Kapan Menekuni Wardah?
Saya sudah berkecimpung menjadi bagian dari Wardah sejak tahun 2003 lalu. Mendapat banyak pengalaman kerja di Wardah.

Ada kesulitan Pak?
Tidak ada masalah. Kosmetik ini kan sebuah industri yang sangat dinamis dan bergeraknya sangat cepat. Tiap waktu selalu ada yang baru dan baru lagi ketika terjun ke dalam dunia kosmetik. Maka dari itu, sembari berjalan tentunya saya juga terus belajar dan dari industri ini juga saya mendapatkan berbagai pengalaman menarik. Terlebih di Wardah ini, teamworknya sangat kompak, banyak anak muda yang ikut bertumbuh bersama dengan kami.

Rencana ke depan bagaimana Pak?
Wardah kosmetik ke depannya berencana untuk kembali melebarkan sayap bisnisnya dalam segi ekspor. Sejauh ini Wardah telah bekerjasama dalam kegiatan ekspor bersama dengan Malaysia. Adapun kedepannya kami akan menjajaki negara-negara lainnya juga. Strategi untuk meningkatkan ekspor ini merupakan tugas bersama-sama, dalam hal ini perlu adanya hubungan yang baik dengan negara tujuan ekspor, jangan sampai terhambat dengan bea masuk dan sebagainya.

Wardah sudah mulai ekspor?
Pemahamanan terkait dengan pasar luar negeri sangat penting untuk diketahui. Sebelum melakukan kerjasama ekspor, Wardah banyak melakukan riset terlebih dahulu, utamanya terkait dengan pasar dari negara yang dituju.

Apakah juga terdampak pandemi?
Tentu hampir semua sektor terdampak pandemi covid-19. Ada beberapa outlet Wardah yang terdampak dengan adanya penerapan Pembatasan Sosial Berskala besar (PSBB).
Meskipun begitu, Wardah bersama dengan 9.000 karyawan terus memperkuat kinerja di tengah masa sulit adanya pandemi ini.

Pilih kesehatan atau ekonomi?
Tentunya di perusahaan kami ini menerapkan bahwa kesehatan dan ekonomi tetap harus bisa berjalan beriringan. Kami tidak boleh hanya berdiam diri saja dalam menghadapi kondisi ini. Tentunya dalam menawarkan produk, kami tetap terus berinovasi kepada masyarakat, dan Alhamdulillah respon masyarakat selama ini juga tetap baik.

Ia menegaskan pihaknya selalu berusaha memberikan produk yang terbaik bagi konsumen. Selain itu, pelayanan kepada konsumen juga menjadi salah satu nilai penting yang selama ini diterapkan oleh Wardah.

Lebih penting produk atau pemasaran?
Produk itu harus bagus. Dan produk yang bagus itu terlahir dari budaya inovasi. Dan yang tidak kalah penting pelayanan kepada konsumen harus bagus. Kami memberikan kepedulian dan empati terhadap konsumen kami.

Apa tujuan silaturahmi di Jawa ini?
Sebagai bagian dari silahturahmi Wardah kami bersama Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional, Dr Aqua Dwipayana. Kunjungan media ini sebagai langkah menyambung silahturahmi. Dari kunjungan ini, tentunya menambah relasi dan mendapatkan berbagai informasi dari kawan-kawan.

Silaturahmi di Jawa dimulai hari Selasa (20/4) terus dilakukan hingga Minggu (25/4) mendatang. Keliling Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Besok kita ke Kediri Jatim. Sebelumnya Wardah dan DR Aqua kunjungi Indramayu, Cirebon, Tegal, dan Pekalongan. (Ute)

Penulis: Ruth Novita Lusiani
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved