Breaking News:

Berita Sragen

Harga Cabai di Sragen Turun, Harga Bahan Kebutuhan Pokok Penting Stabil

Hari kesepuluh puasa ramadan, harga kebutuhan pokok di tiga pasar induk Kabupaten Sragen perlahan turun

TribunJateng.com/Desta Leila Kartika
Ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Hari kesepuluh puasa ramadan, harga kebutuhan pokok di tiga pasar induk Kabupaten Sragen perlahan turun. Penurunan signifikan terjadi di cabai rawit merah.

Di Pasar Bunder Sragen, harga cabai rawit merah turun Rp 7 ribu dari harga Rp 42 ribu menjadi Rp 35 ribu per kilogramnya. Namun harga di dua pasar induk lainnya berbeda.

Pasar Gemolong hanya turun Rp 5 ribu menjadi Rp 40 ribu, sementara di Pasar Gondang turun Rp 5 ribu menjadi Rp 38 ribu perkilogram.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Disperindag Sragen, Muhammad Farid Wajdi ketika dihubungi Tribunjateng.com.

Farid mengatakan saat memasuki ramadan, harga bahan pokok dan bahan penting (Bapokting) sebagian ada yang naik, namun perlahan mulai turun dan stabil.

"Untuk Bapokting awal puasa kemarin sebagian ada yang naik namun berangsur  turun dan stabil," kata Farid, Kamis (22/4/2021).

Turunnya harga cabai rawit merah ini diikuti harga cabai rawit hijau yang juga berangsur turun yakni Rp 13-6 ribu per kilogram di tiga pasar induk Sragen.

Harga cabai merah besar keriting juga turun Rp 5 ribu menjadi Rp 25-30 ribu per kilogram dan cabai merah besar biasa teropong Rp 35-40 ribu per kilogram di tiga pasar besar di Sragen.

Farid menyebut kebutuhan cabai cabai rawit merah tidak bisa dipenuhi dari petani lokal melainkan berasal dari Jawa Timur yakni Kota Mojokerto, Kota Tuban dan KotaBlitar dan Kabupaten Boyolali, Jateng.

Begitupula cabai merah besar keriting diperoleh dari Boyolali. Cabai rawit hijau juga beras dari Madura dan Tuban Jawa Timur.

Hanya cabai merah besar biasa teropong yang diambil dari petani lokal, namun juga disokong dari Lumajang dan Banyuwangi, Jawa Timur.

Sementara untuk harga bahan pokok lainnya seperti bawang merah Rp 22-24 ribu per kilogramnya. Bawang putih biasa Rp 22 ribu dan Rp 24-25 ribu untuk bawang putih kating di tiga pasar.

Harga beras premium masih di harga Rp 12 ribu, gula pasir Rp 12,5 ribu. Daging ayam ras Rp 36-38 ribu dan ayam kampung Rp 65 ribu. Telur ayam negeri Rp 22,5 ribu dan telur ayam kampung Rp 35,7 ribu per kilogramnya. (uti)

Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved