Breaking News:

Berita Solo

Pemkot Solo Larang Mudik, Optimalkan Peran Jogo Tonggo

Pemkot Solo mengoptimalkan peran Jogo Tonggo setelah resmi melarang pemudik pada 1-17 Mei mendatang. 

TRIBUN JATENG/AKBAR HARI MUKTI
Hari Prihatno 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengoptimalkan peran Jogo Tonggo setelah resmi melarang pemudik pada 1-17 Mei mendatang. 

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo telah menyiapkan 10 angkutan penjemput pemudik dari permukiman ke lokasi karantina. 

Kepala Dishub Kita Solo, Hari Prihatno, mengungkapkan, berbeda dengan tahun sebelumnya, sejauh ini petugas Dishub tidak diterjunkan ke stasiun atau terminal untuk membawa pemudik ke lokasi karantina. 

Dia menjelaskan, petugas Dishub disiapkan untuk menjemput pemudik lewat fungsi Jogo Tonggo. 

Hal itu sesuai Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo Nomor 067/1156 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Peran Satuan Tugas Tingkat Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19. 

“Tugas kami sama dengan tahun kemarin, penjemputan pemudik. Dishub memulai pada 1-17 Mei mendatang. Hasil keputusan rapat tidak bertugas di terminal atau stasiun tapi mengoptimalkan Jogo Tonggo. Kami menunggu instruksi menjemput ya dijemput,” ucapnya, Rabu (21/4/2021). 

Dia menambahkan, seluruh pemudik yang masuk Solo tetap harus karantina meskipun hasil tes wab negatif. 

Menurutnya, pemudik dengan hasil tes swab negatif bakal dikarantina di Solo Techno Park (STP) sedangkan hasil positif karantina di Asrama Haji Donohudan. 

Sementara itu, kini pihaknya menunggu rapat koordinasi terkait teknis-teknis penjemputan dari permukiman menuju lokasi karantina. 

Menurtnya, untuk pemudik di wilayah aglomerasi Solo Raya masih diperbolehkan atau masih dalam satu zona. 

Sementara itu, petugas Dishub Solo turut bertugas di 5 posko tracing Polresta Solo bersama tenaga kesehatan dan Satpol PP. (*)

Penulis: Muhammad Sholekan
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved