Breaking News:

Berita Solo

Anggota Komisi III DPR Kunjungi Rutan Solo, Masalah Over Kapasitas Jadi Permasalahan Bersama 

Anggota Komisi III DPR RI, Eva Yuliana lakukan kunjungan kerja ke Rutan Klas I Solo, (22/4/2021) sore. 

Tribun Jateng/ Muhammad Sholekan
Anggota Komisi III DPR RI Eva Yuliana ketika melakukan kunjungan kerja di Rutan Klas I Solo, Kamis (22/4/2021). 

Penulis: Muhammad Sholekan 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Anggota Komisi III DPR RI, Eva Yuliana lakukan kunjungan kerja ke Rutan Klas I Solo, (22/4/2021) sore. 

Politisi Partai Nasdem itu menilai Rutan Klas I Solo dalam keadaan over kapasitas warga binaan. Meskipun demikian, tetapi kondisi rutan yang beralamat di Jalan Slamet Riyadi Solo itu sangat bersih. 

Pantauan Tribun Jateng, Eva Yuliana, tiba sekira pukul 16.00 WIB. Dia disambut warga binaan yang memainkan alat musik di halaman luar rutan. 

Selain itu, dia juga turut mengecek hasil kerajinan warga binaan seperti kaus, cinderamata, dan olahan makanan. Bahkan, dia pun membeli suvenir hasil karya para warga binaan itu. 

Dia mengaku, persoalan over kapasitas terjadi di hampir seluruh rutan dan lapas di Indonesia. Namun, pihaknya memastikan fasiltas kepada warga binaan tetap tercukupi. 

“Over kapasitas kan hampir 100 persen, sehingga berdampak pada anggaran. Maka butuh inovasi, ini bisa dilakukan dengan baik. Tidak ada warga binaan yang tidak makan. Persoalan over kapasitas itu persoalan nasional,” jelasnya. 

Dia menuturkan, perlu komunikasi bersama membahas persoalan itu agar over kapasitas bisa terurai. Dia menyebut Rutan Solo sumpek, namun penuh kehangatan melihat kebersihan dan kerapian di dalam rutan. 

Eva menilai fungsi pembinaan yang dipamerkan juga layak diapresiasi. Kemudian, telah ada koordinasi dengan Balai Latihan Kerja (BLK) untuk melatih warga binaan. 

Bahkan, tidak menutup kemungkinan pelatihan itu bisa menggandeng pihak ketiga dengan harapan perekonomian di tengah pandemi dapat membaik. 

Halaman
12
Penulis: Muhammad Sholekan
Editor: rival al manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved