Breaking News:

Berita Pendidikan

Disdik Kota Semarang Persilakan Sekolah Swasta Ajukan Izin PTM, Ini Syaratnya

Dinas Pendidikan Kota Semarang mempersilakan sekolah swasta baik SD maupun SMP mengajukan izin jika sudah siap menggelar pembelajaran tatap muka

TRIBUN JATENG/EKA YULIANTI FAJLIN
Siswa SMPN 2 Semarang mengikuti pembelajaran tatap muka, Rabu (7/4/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang mempersilakan sekolah swasta baik SD maupun SMP mengajukan izin jika sudah siap menggelar pembelajaran tatap muka (PTM).

Kepala Disdik Kota Semarang, Gunawan Saptogiri mengatakan, persyaratan bagi sekolah swasta yang ingin mengajukan PTM antara lain 80 persen guru dan tenaga kependidikan (tendik) sekolah yang bersangkutan telah divaksin.

Kemudian, sarana dan prasarana penunjang protokol kesehatan harus sudah memadai mulai dari tempat cuci tangan, alat cek suhu tubuh, dan pengaturan jaga jarak di setiap kelas.

PTM dilaksanakan 50 persen dari kapasitas kelas. Maka, hal yang tidak boleh terlupakan yaitu sekolah harus bisa menciptakan blanded learning atau pembelajaran campuran antara online maupun offline.

Medianya harus dipersiapkan dengan baik sehingga siswa yang berada di sekolah maupun di rumah bisa mengikuti pembelajaran.

Di samping itu, dengan blended learning, guru tidak harus mengajar dua kali.

"Sekolah swasta bisa mengajukan ke Disdik untuk PTM. Aturannya sama dengan sekolah negeri. Sarpras harus sudah siap," ujar Gunawan, Jumat (23/4/2021).

Sejauh ini, sebut Gunawan, ada empat SMP swasta dan delapan SD swasta yang telah mengajukan izin. Mereka siap melaksanakan PTM pada tahap dua yang akan dimulai pada 26 April mendatang.

Selain sekolah swasta, PTM tahap dua juga akan diikuti seluruh SMP negeri dan satu SD negeri di setiap kecamatan.

"Ada 87 sekolah, termasuk 1 TK yang akan melaksanakan PTM pada tahap dua. Kami ajukan ke Pak Wali semua SMP negeri ikuy tatap muka. Kalau jenjang SD ada satu sekolah per kecamatan," bebernya.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved