Breaking News:

Harga Daging Ayam Potong di Blora Turun

Harga daging ayam potong di Kabupaten Blora pada pekan kedua Ramadan justru turun. Penurunan itu sebanding dengan permintaan konsumen yang juga turun.

Tribun Jateng/ Rifqi Gozali
Seorang pedagang daging ayam menunggu dagangannya di Pasar Sido Makmur Blora. 

Penulis: Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, BLORA - Harga daging ayam potong di Kabupaten Blora pada pekan kedua Ramadan justru turun. Penurunan itu sebanding dengan permintaan konsumen yang juga turun.

Seorang pedagang di Pasar Sido Makmur Blora, Fatonah (34), mengatakan, harga ayam potong saat ini Rp 35 ribu per kilogram. Padahal sehari sebelumnya harganya berada di angka Rp 38 ribu per kilogram.

"Baru hari ini turun. Kemarin masih Rp 38 ribu," ujar Fatonah saat ditemui di Pasar Sido Makmur, Jumat (23/4/2021).

Fluktuasi harga daging ayam potong terjadi sejak sebelum Ramadan. Kata Fatonah, memang harga daging ayam potong tidak stabil, namun masih dalam taraf wajar.

Penurunan harga daging ayam potong saat ini selaras dengan permintaan konsumen. Pasalnya, saat ini dia hanya mampu menjual satu kuintal daging ayam dalam sehari. Padahal sebelum Ramadan dia mampu menjual dua kuintal daging ayam sehari.

"Sejak puasa ini memang penjualan memang menurun," ujarnya.

Meski penjualan menurun, namun Fatonah yakin jelang lebaran akan mengalami peningkatan. Hal itu sesuai dengan pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

Sementara untuk harga daging ayam kampung justru malah meningkat. Jika sebelum Ramadan harganya berada di angka Rp 70 ribu, saat ini berada di angka Rp 75 ribu per kilogram.

"Untuk stok ayam potong maupun ayam kampung sejauh ini belum pernah kekurangan," ujar pedagang daging ayam lainnya, Sulastri (50).

Sulastri melanjutkan, bahwa stok ayam potong sejauh ini datang dari Blora sendiri. Sedangkan untuk ayam kampung selain dari Blora, juga datang dari Jawa Timur.

"Kebutuhan pasar atas daging ayam kampung kalau dari Blora masih kurang, maka kadang daging ayam kampung datang dari Jawa Timur," kata dia.

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved