Breaking News:

Berita Sragen

Selama Ramadan, BAZNAS Sragen Telah Distribusikan Zakat Rp 1,1 Miliar

Selama Bulan Ramadan, BAZNAS Sragen telah mendistribusikan dana zakat sebesar Rp 1,1 miliar.

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Selama Bulan Ramadan, BAZNAS Sragen telah mendistribusikan dana zakat sebesar Rp 1,1 miliar. Jumlah tersebut dialokasikan ke sejumlah kegiatan.

Diantaranya bantuan sembako, santunan sembako dan asnaf fisabilillah atau tujuh golongan yang berhak menerima pemberian zakat, santunan bagi ODHA, insentif guru dan lain-lain.

"Rp 1 miliar ini belum ditambah rencana bulan Mei untuk pendistribusian insentif ustadz, kyai, penjaga masjid dan santri," kata Ketua BAZNAS Sragen, Untung dr. Untung Mardikanto dalam kegiatan gerakan cinta zakat.

Kegiatan ini sekaligus pendistribusian zakat, infaq melalui Unit Pengumpulan Zakat (UPZ)  di Aula Sukowati Setda Sragen, Jumat (23/4/2021).

Turut menyaksikan Ketua BAZNAS Provinsi Jateng Dr. Ahmad Daroji, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati bersama Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno.

Untung sapaan akrabnya itu mengatakan dua pucuk pimpinan Sragen, Bupati dan Wakil Bupati beserta jajaranya telah menunaikan zakatnya melalui BAZNAS Sragen dengan menggunakan metode sistem auto debet setiap bulan (payroll).

Begitu pula yang dilakukan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sragen Hanif Hanani, beserta jajarannya. 

"Hari ini, BAZNAS Sragen mendistribusikan dana ZIS total Rp 511 juta rupiah yang terdiri dari santunan fakir miskin melalui UPZ sejumlah 2.000 orang perorang 150 ribu."

"Paket sembako untuk petugas penyapu jalan dan keluarga ODHA sejumlah 316 paket dengan nominal Rp 100 ribu perorang. insentif guru PAI dan PTT sejumlah 200 orang per guru Rp 500 ribu, serta santunan fakir miskin melalui sekolah-sekolah sejumlah Rp 79,4 juta," terang Untung.

Sementara itu, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan selain rukun Islam ke-3, zakat memiliki konsep implementasi pemerataan kesejahteraan.

Serta memberikan keberkahan bagi yang menjalankan yakni mensucikan, menumbuhkan dan keberkahan. 

Yuni mengatakan pada (15/4/2021) lalu Presiden Joko widodo telah melaunching gerakan cinta zakat dan diikuti oleh Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Melalui gerakan cinta zakat ini, Yuni mengajak kepada seluruh ASN dan Pegawai BUMD untuk menunaikan zakat melalui BAZNAS sesuai dengan Inpres Nomor 3 Tahun 2014.

"Terimakasih kami sampaikan kepada segenap amil BAZNAS yang telah melaksanakan amanah, semoga kita bersama-sama mensejahterakan umat," katanya. (*)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE : 

Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved