Breaking News:

Pencarian Kapal Selam KRI Nanggala

4 Kecelakaan Fatal Kapal Selam di Dunia 20 Tahun Terakhir, Submarine Kursk Rusia Paling Tragis

Musibah kapal selam KRI Nanggala 402 membuat Indonesia masuk daftar negara yang kapal selamnya kecelakaan fatal dalam kurun 20 tahun terakhir ini.

Editor: m nur huda
pixabay
Ilustrasi kapal selam mengarungi lautan 

TRIBUNJATENG.COM - Misi pencarian dan penyelamatan kapal selam KRI Nanggala 402 beserta para awaknya terus dilakukan hingga kini di perairan utara Bali.

Namun demikian, harapan kian menipis untuk bisa menyelamatkan para awak kapal selam Nanggala setelah cadangan oksigennya diperkirakan sudah habis pada Sabtu 24 April 2021 pagi hari.

Mengutip straitstimis.com pada Sabtu 24 April 2021, tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 membuat Indonesia masuk ke dalam daftar negara-negara yang kapal selamnya mengalami kecelakaan fatal dalam kurun 20 tahun terakhir ini.

Baca juga: Daftar Alat Canggih Dikerahkan Misi Penyelamatan KRI Nanggala 402, KRI TNI hingga dari Amerika

Baca juga: Cerita Mantan Komandan KRI Nanggala 402: Alat Keselamatan Berstandar Internasional

Baca juga: TNI AL Sebut Persediaan Oksigen Kapal Selam Nanggala 402 Memadai untuk 53 Awak 

Baca juga: Kapal Selam KRI Nanggala-402 Hilang di Utara Bali, Bawa 53 Orang, Diduga Tenggelam di Palung

Dalam dua puluh tahun terakhir, salah-satu yang terburuk dari sejumlah insiden kecelakaan kapal selam adalah yang dialami oleh kapal selam Kursk milik Angkatan Laut Rusia.

Berikut ini daftar kecelakaan fatal di seluruh dunia yang dialami kapal-kapal selam:

1. Kapal Selam Kursk

Foto pada Maret 1995 memperlihatkan kapal selam Rusia Kursk di pangkalan Vidyavevo. Kapal selam Kursk tenggelam di Laut Barents pada Agustus 2000 dan menewaskan 118 orang, yang menjadi kecelakaan kapal selam terparah di Rusia.
Foto pada Maret 1995 memperlihatkan kapal selam Rusia Kursk di pangkalan Vidyavevo. Kapal selam Kursk tenggelam di Laut Barents pada Agustus 2000 dan menewaskan 118 orang, yang menjadi kecelakaan kapal selam terparah di Rusia. (STR/AFP)

Kapal selam yang menjadi kebanggaan Armada Utara Rusia itu tenggelam pada tahun 2000.

Kapal selam dengan 118 orang di dalamnya itu sedang bermanuver di Laut Barents ketika tenggelam, yang kemudian menewaskan mereka semua.

Penyelidikan menemukan sebuah torpedo telah meledak, sehingga menghancurkan kapal selam itu dan mereka yang ada di dalamnya.

Sebagian besar awaknya tewas seketika akibat ledakan torpedo itu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved