Breaking News:

Berita Kesehatan

7 Tips Sehat Berpuasa dari Dokter Dimas Widati: Jika Asupan Sesuai Bisa Turunkan Berat Badan

Puasa sehat di masa pandemi tidak jauh beda dengan puasa ramadhan tiap tahunnya, puasa dapat memperbaiki jaringan sel yang rusak.

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Puasa sehat di masa pandemi tidak jauh beda dengan puasa ramadhan tiap tahunnya, puasa dapat memperbaiki jaringan sel yang rusak.

Berpuasa selama 30 hari, terjadi perubahan-perubahan dalam tubuh kita, antara lain terjadi perubahan irama sirkardian tubuh, perubahan profil lemak dalam tubuh, tubuh dapat merangsang produksi sel darah putih baru. Inilah yang mendasari regenerasi seluruh sistem kekebalan.

Kemudian, akan semakin memperkuat tubuh untuk menangkal berbagai infeksi bakteri dan virus serta penyakit lainnya.

Setelah makan, 2 hingga 4 jam tubuh mendapatkan energi dari makanan.

Namun, setelah 12 sampai 14 jam, tubuh mulai menggunakan energi yang berasal dari lemak.

Itulah kenapa pada saat berpuasa, jika asupan makanan yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh (tidak berlebihan), dapat menurunkan berat badan dan profil lemak tubuh.

Berikut ini 7 tips sehat berpuasa dari dr Dimas Widati, Sp.GK saat ditemui Tribunjateng.com di RSUD Kajen, Senin (26/4/2021).

1. Nutrisi sahur dan buka dengan gizi seimbang

Ketika puasa, tubuh harus mendapat nutrisi yang cukup agar tetap terjaga kesehatannya. Poin terpenting adalah dengan memastikan kebutuhan zat gizi harian terpenuhi saat sahur dan berbuka puasa.

Rata-rata setengah dari kebutuhan energi berasal dari karbohidrat, 30 persen dari lemak, dan 15 persen dari protein. Memilih jenis lemak yang baik dan mengurangi gorengan akan membuat tubuh lebih bugar.

Halaman
1234
Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved