Breaking News:

Berita Slawi

Ini Beberapa Prokes yang Harus Dipatuhi Saat ke Rest Area KM 275 A Penarukan

Jumlah pemudik yang melintas di jalur tol masuk area Kabupaten Tegal mengalami peningkatan.

Tribun Jateng/Desta Leila Kartika
Kasatlantas Polres Tegal, AKP Dwi Himawan Chandra, saat melakukan sesi wawancara dengan rekan media setelah kegiatan pantauan sekaligus pengetatan penjagaan di rest area KM 275 A Penarukan, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Senin (26/4/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Sesuai penuturan Kasatlantas Polres Tegal, AKP Dwi Himawan Chandra, jumlah pemudik yang melintas di jalur tol masuk area Kabupaten Tegal mengalami peningkatan meski masih tergolong sedikit. Hal ini karena jumlahnya tidak mencapai 50 persen dari yang sudah ditentukan. 

Adapun peningkatan kendaraan terjadi terutama pada akhir pekan kemarin Jumat, Sabtu, dan Minggu. 

"Sejak akhir pekan kemarin tepatnya Jumat, Sabtu, dan Minggu mulai terjadi sedikit peningkatan pengunjung di rest area utamanya di KM 275 A Penarukan. Sehingga kami tetap menerapkan 50 persen kapasitas pengunjung. Ketika sudah penuh 50 persen ini, maka petugas yang berjaga di pintu masuk rest area akan menghentikan dan meminta pengendara untuk melanjutkan perjalanan," ungkap AKP Himawan, pada Tribunjateng.com.

Menurut AKP Himawan, penjagaan di rest area tangguh yang ada di Kabupaten Tegal dilakukan selama 24 jam. Jadi petugas stanby di masing-masing pos yang jumlahnya ada empat titik. 

Yaitu rest area tangguh di KM 275 A Penarukan Adiwerna, KM 287 yang masih dalam tahap renovasi, Jalur B ada di KM 294 dan KM 282 yang sementara masih dalam tahap pembangunan.  Namun ditargetkan dalam waktu satu minggu rest area KM 282 B ini sudah siap.

"Untuk jumlah pastinya berapa pengendara yang melintas saya tidak berwenang karena bukan ranah saya. Tapi saya contohkan semisal di area parkir rest area KM 275 A kapasitasnya 50 kendaraan, karena kami beri jarak maka kapasitas jadi setengah atau  hanya 25 saja. Nah jumlah pengendara yang melintas dari 25 ini tidak sampai penuh begitu perumpamaannya," terang AKP Himawan. 

Membahas mengenai penerapan protokol kesehatan yang harus dipatuhi pengendata saat memasuki rest area KM 275 A yaitu harus membawa surat jalan, surat penugasan, atau surat keterangan sehat (bebas Covid-19).

Wajib mengenakan masker, menjaga jarak terutama di tempat parkir yang sudah diatur, melakukan cek suhu tubuh, mencuci tangan dengan sabun di tempat yang sudah disediakan, termasuk saat di rumah makan tempat duduk disesuaikan tanda silang yang ada di tiap bangku.

"Saya harap para pengunjung benar-benar mematuhi dan memperhatikan aturan-aturan yang ada. Karena kami sudah mengatur sedemikian rupa," pungkasnya. (*)

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved