Breaking News:

Berita Sragen

Warga Pendatang ke Sragen akan Dilakukan Pemeriksaan Swab Test di Desa-desa

Tak hanya lakukan penyekatan, antisipasi pemudik Polres Sragen akan melakukan pemantauan pendatang baru.

Tribun Jateng/ Permata Putra Sejati
Ilustrasi. Pemeriksaan rapid test antigen secara acak kepada para pemudik dari luar kota. 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Tidak hanya melakukan penyekatan, antisipasi pemudik Polres Sragen akan melakukan pemantauan terhadap kemungkinan adanya warga pendatang baru di desa.

Pemantauan ini akan bekerjasama dengan pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen serta Kodim 0725/Sragen guna pemantauan di setiap desa.

"Selain melakukan penyekatan di perbatasan terhadap arus masuk orang, Polres Sragen bekerjasama dengan Pemkab Sragen dan Kodim 0725/Sragen."

"Akan melakukan pemantauan terhadap kemungkinan adanya warga pendatang di setiap desa," kata Kapolres Sragen AKBP Yuswanto Ardi kepada awak media, Senin (26/4/2021).

Upaya ini tidak lain dan tidak bukan guna mengoptimalkan mencegah penyebaran Covid-19 di Sragen menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri pertengahan Mei nanti.

Kapolres melanjutkan, mempersiapkan hal tersebut mulai hari ini dan besok, setiap Polsek didampingi perwira Polres Sragen akan mengadakan rapat kordinasi dengan seluruh Kades.

Dalam rapat koordinasi itu akan membentuk tim, serta menentukan jadwal kegiatan untuk melakukan pemantauan di setiap desa.

Apabila dalam pemantauan ditemukan warga pendatang, Ardi mengatakan tim tersebut akan melakukan pemeriksaan persyaratan administrasi.

Pemeriksaan tersebut meliputi kondisi kesehatan serta pemeriksaan fisik kesehatan berupa tindakan swab test.

"Jika kemudian ditemukan warga pendatang, maka pemeriksaan persyaratan administrasi terkait kondisi kesehatan dan pemeriksaan fisik kesehatan berupa tindakan swab akan dilaksanakan," kata Ardi.

Apabila diketahui membahayakan warga sekitar atau hasil swab reaktif Covid-19, maka warga pendatang atau pemudik akan diminta untuk isolasi mandiri. (*)

Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved