Breaking News:

Berita Semarang

Harga dan Stok Kebutuhan Pokok di Semarang Masih Aman Dua Pekan Jelang Lebaran

Harga kebutuhan pokok di Kota Semarang masih terpantau aman dan stabil pada pekan kedua Ramadan.

Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Harga kebutuhan pokok seperti sembako di Pasar Peterongan Semarang tidak menentu dan bisa berubah sesuai kebutuhan seperti harga telur ayam kini mengalami penurunan dari 26 ribu menjadi 22 ribu perkilonya, cabe rawit merah juga mengalami penurunan dari 60 ribu kini menjadi 40 ribu perkilo, untuk harga beras masih terpantau stabil sedangkan yang mengalami kenaikan adalah emping dari 50 ribu menjadi 60 ribu perkilo dan minyak goreng naik 1000 rupiah perkilonya, Selasa (27/4/21). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Harga kebutuhan pokok di Kota Semarang masih terpantau aman dan stabil pada pekan kedua Ramadan dan jelang Idulfitri.

Data Dinas Perdagangan Kota Semarang, di Pasar Peterongan per Selasa (25/4/2021), harga cabai kisaran Rp 45 ribu/kilogram, bawang merah dan putih Rp 30 ribu/kilogram, daging ayam Rp 38 ribu/kilogram, telur ayam Rp 25 ribu/kilogram.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fravarta Sadman mengatakan, pihaknya terus melakukan pemantauan secara rutin. Kepala pasar selalu melaporkan harga kebutuhan pokok di masing-masing pasarnya.

Masyarakat juga bisa turut memantau harga kebutuhan pokok melalui aplikasi yang dimiliki Dinas Perdagangan yakni Sistem Informasi Pedagang Kota Semarang (SIP'S) yang bisa diunduh di playstore.

Meski terdapat kenaikan pada beberapa item kebutuhan pokok, dia menilai, masih stabil dan tidak begitu signifikan.

"Sebelum puasa kami cek harga masih stabil. Sepekan puasa juga kami cek masih stabil. Bahkan, setiap hari kepala pasar selalu melaporkan kepada kami mengenai harga bahan pokok apakah ada perubahan yang signifikan atau tidak," papar Fravarta, Selasa (27/4/2021).

Hingga saat ini, sambung Fravarta, operasi pasar belum perlu dilakukan. Di samping harga terpantau stabil, stok bahan pokok juga masih tersedia di pasar. Tim Satgas Pangan Kota Semarang telah melakukan sidak ke distributor bahan pokok dan memastikan suplai masih mencukupi hingga Juli mendatang.

"Operasi pasar dilakukan jika ada kelangkaan barang atau kenaikan yang signifikan. Sampai sekarang belum ada rencana operasi pasar karena stok masih aman dan harga masih wajar," terangnya.

Dia mengingatkan para pedagang tidak menaikkan harga menjelang Lebaran.
Menurutnya, menaikkan harga jelang lebaran hanya akan membuat masyarakat enggan membeli. Terlebih, masih dalam kondisi pandemi.

Di sisi lain, dia mengimbau masyarakat tidak terlalu konsumtif menjelang lebaran. Mereka tidak perlu khawatir kehabisan stok karena terpantau aman. (*)

Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved