Breaking News:

Berita Pati

Beri Wejangan pada Cakades Terpilih, Wabup Pati Safin: Pemimpin Harus Siap Menderita

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin menyebut, seorang pemimpin mesti siap menderita.

Tribun Jateng/ Mazka Hauzan Naufal
Wakil Bupati Pati Saiful Arifin memberi pengarahan pada para Calon Kepala Desa (Cakades) yang terpilih dalam Pilkades Serentak 2021, Selasa (27/4/2021).   

Penulis: Mazka Hauzan Naufal

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Wakil Bupati Pati Saiful Arifin menyebut, seorang pemimpin mesti siap menderita.

Hal tersebut ia sampaikan ketika memberi pengarahan pada para Calon Kepala Desa (Cakades) yang terpilih dalam Pilkades Serentak 2021.

Pengarahan itu ia berikan dalam kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Cakades Terpilih di Pendopo Kabupaten Pati, Selasa (27/4/2021).

"Selamat, Anda semua menjadi orang pilihan di desa masing-masing. Ini capaian yang tidak mudah. Anda adalah pemimpin. Perlu diperhatikan bahwa pemimpin tidak sama dengan penguasa. Pemimpin mesti siap menderita," kata pria yang akrab disapa Safin ini.

Ia menjelaskan, menderita di sini artinya siap bekerja keras demi melayani masyarakat di desa.

Menurutnya Kades harus bisa memberi pelayanan yang cepat dan mudah. Bukan malah mempersulit yang mudah.

Ia mengajak segenap Cakades terpilih, setelah resmi dilantik menjadi Kades nanti bisa melakukan kinerja terbaik dan menghasilkan kebijakan yang berpijak pada aturan yang berlaku.

Secara khusus, dia juga menitipkan pesan pada para Cakades untuk nantinya berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

"Pembangunan di desa bukan hanya fisik. Namun juga bagaimana menggerakkan pertumbuhan ekonomi, agar tingkat kemiskinan menurun.

Dia meminta para Cakades terpilih untuk nantinya mendata warga miskin di desanya, kemudian merumuskan cara untuk meningkatkan taraf kehidupan mereka.

"Pemimpin desa mesti jeli melihat peluang dan potensi desa untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat," tegas Safin. (mzk)

--

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: rival al manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved