Breaking News:

Berita Demak

DPRD Demak Serahkan Rekomendasi terhadap LKPJ Demak Tahun Anggaran 2020

DPRD Demak menggelar rapat paripurna ke-11 masa Sidang I tahun 2021 di Ruang Rapat Paripurna DPRD.

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Muhammad Yunan Setiawan
DPRD Demak menggelar rapat paripurna ke-11 masa Sidang I tahun 2021 di Ruang Rapat Paripurna DPRD. 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - DPRD Demak menggelar rapat paripurna ke-11 masa Sidang I tahun 2021 di Ruang Rapat Paripurna DPRD.

Rapat tersebut membahas penetapan dan penyerahan rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Demak tahun anggatan 2020.

Ketua Badan Kehormatan DPRD Demak, Badarodin menyampaikan ruang lingkup analisis LKPJ meliputa capaian indikayor makro ekonomi dan sosial daerah, capaian indikator kinerja visi dan misi daerah, capaian indikator kinerja keuangan daerah, dan capaian kinerja urusan wajib pelayanan dasar berdasarkan  standar pelayanan minimal.

"Capaian indikator makro ekonomi dan sosial daerah pada tahun 2020 dilaporkan ekonomi Kabupaten Demak tumbuh minus 0,23% (lebih dangkal kontraksinya dari rata-rata Jawa Tengah sebesar minus 2,65%), Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) bertambah sebesar 1,89% menjadi 7,31% di tahun 2020 dari 5,42% di tahun 2019, angka kemiskinan meningkat 0,68% menjadi 12,54% ditahun 2020 dari 11,86% jumlah penduduk ditahun 2019," ujarnya.

Selain itu di tengah pandemi Covid-19 ini, DPRD Demak juga merekomendasikan satu langkah taktis untuk percepatan vaksinasi bagi kelompok rentan dan pelayanan publik serta pekerja ekonomi kerakyatan di Demak.

DPRD juga merekomendasikan Pemkab Demak melakukan penggalian potensi dan penetapan berbagai obyek pajak baru harus memperhatikan kondisi sosial, ekonomi, dan politik saat ini.

Selain itu juga, DPRD Demak merekomendasikan Pemkab Demak seharusnya menerapkan SPM dalam menyelenggarakan pelayanan dasar.  

Adapun tanggapan dan jawaban Wakil Bupati Demak Joko Sutanto adalah akan segera menindaklanjuti rekomendasi tersebut. Serta akan melakukan perbaikan dan peningkatan kinerja penyelenggaraan Pemkab Demak.

"Kami mohon dukungan semua pihak dalam rangka penyusunan dokumen tersebut demi kemajuan Kabupaten Demak," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved