Breaking News:

Partai Ummat

Guru Spritual Prabowo Jadi Pengurus Partai Ummat

Politisi gaek Muhammad Amien Rais akan mendeklarasikan partai barunya, yakni Partai Ummat pada Kamis (29/4) ini.

istimewa/tribunnews
logo partai ummat 

TRIBUNJATENG.COM, YOGYAKARTA - Politisi gaek Muhammad Amien Rais akan mendeklarasikan partai barunya, yakni Partai Ummat pada Kamis (29/4) ini. Deklarasi dilakukan secara virtual dari Yogyakarta dan akan ditayangkan melalui channel youtube Amien Rais Official.

Ketua DPD Partai Ummat DIY, Nazaruddin mengatakan, deklarasi Partai Ummat hanya akan digelar secara virtual. Namun ia tidak menjelaskan secara pasti alasan mengapa momen bersejarah berdirinya partai itu hanya digelar secara online. Nazaruddin juga enggan membeberkan lokasi pengambilan video tersebut akan dilaksanakan di mana.

”Besok hanya digelar secara virtual. Yang jelas kan itu dari Jogja. Partai ini didirikan di Jogja,” kata Nazaruddin, kepada Tribun Jogja, Rabu (28/4).

Nazaruddin menambahkan, dalam deklarasi hari ini Amien Rais akan mengumumkan struktur kepengurusan Partai Ummat. Nazaruddin menyampaikan, Amien akan menduduki posisi ketua Majelis Syuro partai berlambang perisai bintang itu. Beberapa orang yang dipastikan bergabung ke Partai Ummat di antaranya Neno Warisman, Buni Yani, MS Kaban, Ustaz Sambu.

"Yang sudah pasti bergabung itu Neno Warisman, Buni Yani, MS Kaban, dan Ustaz Sambu (guru spritual Menhan Prabowo, red) itu. Mereka pendiri sekaligus pengurus," jelasnya.

Selain beberapa nama di atas, informasi yang beredar beberapa orang dari Partai Masyumi juga turut bergabung ke partai baru besutan Amien Rais tersebut. Namun, sementara ini, lanjut Nazaruddin, sebagian punggawa Partai Masyumi yang dipastikan telah bergabung hanya MS Kaban.

"Kalau yang dari Masyumi belum bisa saya sampaikan. Ya pak Kaban itu, sebagian lainnya belum. Dan kalau untuk DIY sepenuhnya hanya kami," imbuhnya.

Nazaruddin sedikit membeberkan beberapa komposisi pengurus Partai Ummat yakni Neno Warisman dipastikan masuk ke daftar pengurus pusat. Sementara sebagai nahkoda Partai Ummat tersebut, tersiar kabar jika nama Ridho Rahmadi menjadi kandidat terkuat.

Nazaruddin tidak memungkiri kabar yang beredar tersebut. Namun, secara resminya ia meminta supaya Amien Rais sendiri yang akan mengumumkan. Menurut Nazaruddin, menantu Amien Rais yang akrab disapa Edo itu muncul sebagai calon Ketua Umum partai Ummat lantaran ia termasuk muda dan memiliki kapasitas.

”Kalau Edo dia kan anak muda, dia punya kapasitas. Doktor lulusan luar negeri. Edo dipartai diharapkan membantu meletakan dan memulai konsep manajerial partai. Lebih pastinya besok saja," tegasnya.

Munculnya nama Edo sang menantu Amien Rais sebagai calon ketua umum partai, terkesan bahwa Partai Ummat tak lepas dari keluarga besar Amien Rais. Namun, Nazaruddin menolak jika partai Ummat hanya untuk menyelematkan bahtera politik keluarga Amien Rais.

"Enggak lah, logikanya di mana kalau untuk menyelamatkan keluarga itu. Mas Hanafi keluar dari PAN sebelum partai Ummat berdiri. Jadi ya gak mungkin lah," paparnya.

Setelah deklarasi selesai, para pengurus partai akan mengurus akta pendirian berbadan hukum ke Kemenkumham, serta pihaknya akan menyusut anggaran dasar/ anggaran rumah tangga (AD/ART).

"SK Kemenkumham masih proses. Nanti statusnya didirikan di Yogyakarta. Notarisnya dari Yogyakarta," ujarnya.(tribun jogja/hda)

Editor: rustam aji
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved