Breaking News:

Berita Nasional

KRI Nanggala Tenggelam, Kekuatan Kapal Selam TNI AL Tersisa 4 Armada, Satu Kapal Usia Tua

Kapal selam KRI Nanggala 402 tenggelam di perairan utara Bali pada Rabu (21/4/20021) lalu membuat kekuatan tempur bawah laut Indonesia berkurang.

Editor: m nur huda
ANTARA FOTO/ZABUR KARURU
Prajurit TNI AL berusaha menambatkan tali KRI Nagapasa-403 setibanya di Dermaga Kapal Selam Koarmatim, Ujung, Surabaya, Jawa Timur, Senin (28/8). KRI Nagapasa-403 merupakan kapal selam diesel elektrik type 209/1400 pesanan pertama Indonesia kepada Korsel dan menjadi kapal selam ketiga yang dimiliki TNI AL. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/aww/17. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Kapal selam KRI Nanggala 402 tenggelam di perairan utara Bali pada Rabu (21/4/20021) lalu membuat kekuatan tempur bawah laut Indonesia berkurang.

Jumlah kapal selam milik TNI Angkatan Laut (AL) kini bisa dihitung jari di satu tangan.

Menurut Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, dalam konferensi pers di Mabes AL, Cilangkap, Jakarta, Selasa (27/4/2021), saat ini kapal selam milik TNI AL tersisa 4 armada.

Dari empat kapal selam yang tersisa itu, satu di antaranya juga sudah berumur sama seperti KRI Nanggala-402. Sementara tiga lainnya berusia lebih muda.

Baca juga: TNI AL Bantah KRI Nanggala 402 Tenggelam Kelebihan Muatan hingga Tembakan Rudal Perancis

Baca juga: Cerita Dansekoal yang Pernah Awaki KRI Nanggala, Black Out Tak Sampai 10 Detik Turun 90 Meter

Baca juga: Pria Medan Ini Bikin Status Lecehkan Istri Korban KRI Nanggala 402, Dicambuk Menangis Minta Ampun

Baca juga: Capres Nurhadi Dildo Ditangkap karena Kapal Selam KRI Nanggala 402 Tenggelam Dibuat Candaan

"Kita saat ini tinggal sisa empat kapal selam, satunya itu sejenis Nanggala, namanya KRI Cakra, nomor lambungnya 401. Kemudian yang tiga lagi kapal baru, buatan Daewoo (Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering) buatan Korea," jelas Heri.

Heri menjelaskan kondisi KRI Cakra-401 saat ini sedang overhaul (perbaikan menyeluruh).

Sedangkan tiga kapal selam buatan Korea, yakni Alugoro-405, Ardadedali-404, dan Nagapasa-403, dalam kondisi siap operasi.

”(KRI Cakra-401) sekarang sedang di-overhaul. Tiga kapal selam lainnya saat ini kondisinya siap untuk melaksanakan kegiatan operasi," terang Heri.

Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) KSAL, Laksamana Muda TNI Muhammad Ali menuturkan tonase KRI Cakra-401 sama seperti KRI Nanggala-402, yakni sekitar 1.300.

Keduanya merupakan kapal selam tipe U-209.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved