Breaking News:

Berita Blora

MTs PSM Randublatung Gelar Uji Coba PTM, Ini Persiapan yang Dilakukan

MTs Pesantren Sabilillah Muttaqien (PSM) Randublatung melaksanakan uji coba PTM sejak 26 April 2021.

Istimewa
Seorang siswa tengah mencuci tangan di Mts PSM Randublatung. 

TRIBUNJATENG.COM, BLORA – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Pesantren Sabilillah Muttaqien (PSM) Randublatung melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) sejak 26 April 2021. Dalam uji coba tersebut pihak madrasah melakukan sejumlah persiapan, di antara koordinasi antarguru berikut komite madrasah.

Kepala MTs PSM Randublatung, Rohmadi, sejak rencana uji coba PTM digulirkan, pihaknya langsung membentuk tim serta memberitahukan rencana tersebut kepada sejumlah pihak. Misalnya kepada pihak kecamatan, Polsek, Danramil, termasuk kelurahan.

“Kami juga membuat surat perjanjian kerja sama dengan Puskesmas Randublatung supaya ikut serta mengawasi dan memantau uji coba ini,” kata Rohmadi, Rabu (28/4/2021).

Persiapan yang dilakukan sebelumnya juga meliputi pembuatan tanda social distancing  di seluruh lingkungan madrasah agar protokol kesehatan tetap terjaga satu sama lain. Kemudian pembuatan pengumuman pemberitahuan 5M, penambahan fasilitas tempat cuci tangan, dan menentukan area isolasi. Sementara bagi siswa yang bersuhu tinggi dan juga menentukan area dropzon di madrasah agar seluruh kegiatan uji coba tatap muka berjalan  dengan baik tanpa ada kendala suatu apapun

Siswa yang melaksanana uji coba PTM ini adalah siswa kelas 8. Dalam pelaksanaananya, per satu kelas hanya diisi oleh 14 siswa. Siswa yang datang juga diperiksa terlebih dahulu suhu badan dan harus memakai masker di lingkungan madrasah selama pembelajaran berlangsung.

“Sebelum masuk kelingkungan madrasah siswa diwajibkan pula untuk mencuci tangan terlebih dahulu dan memakai hand sanitizer agar kebersihan dapat selalu terjaga,” katanya.

Durasi pembelajaran siswa juga dibatasi tidak seperti biasanya. Dalam sehari siswa hanya belajar maksimal 4 mata pelajaran dengan durasi masing-masing mapel adalah 30 menit, siswa yang tidak mengikuti uji coba PTM juga tetap melaksanakan pembelajaran daring di rumah masing-masing.

“Kami berharap agar pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka di MTs PSM Randublatung ini dapat terlaksana dengan baik, agar bisa digunakan sebagai acuan madrasah lain untuk melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka nantinya,” katanya. (*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved