Breaking News:

Berita Pati

Pemkab Pati Resmi Larang Takbir Keliling

Pemerintah Kabupaten Pati melarang pelaksanaan takbir keliling menjelang hari raya Idulfitri 1442 H.

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: galih permadi
TRIBUN JATENG/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Rapat persiapan lebaran di Ruang Rapat Joyokusumo Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Rabu (28/4/2021) 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Pemerintah Kabupaten Pati melarang pelaksanaan takbir keliling menjelang hari raya Idulfitri 1442 H.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Pati Haryanto usai menggelar Rapat Persiapan Lebaran bersama jajaran Forkopimda dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Rabu (28/4/2021).

Rapat tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Joyokusumo Sekretariat Daerah Kabupaten Pati.

“Takbir cukup dilaksanakan di masjid atau musala. Itu pun tidak boleh berkerumun. Kapasitasnya 50 persen, dengan protokol kesehatan. Ini dalam rangka memutus mata rantai covid-19. Sudah saya buatkan surat edaran terkait hal ini,” ujar Haryanto ketika diwawancarai usai rapat.

Dia juga mengimbau masyarakat Muslim untuk melaksanakan salat tarawih dan idulfitri dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Secara khusus, Haryanto juga menyorot mengenai pemudik yang lolos dan sudah terlanjur berada di kampung halamannya di Pati.

“Sekalipun sudah ada imbauan tidak boleh mudik, kalau ada yang terlanjur mudik kami lakukan pendataan dengan bantuan Bhabinkamtibmas, Babinsa, bidan desa, dan Satgas Covid-19 desa. Mereka diswab, kalau positif disolasi, bisa di desa atau RSUD Soewondo,” jelas dia.

Haryanto mengatakan, dari hasil swab para pemudik nantinya, pihaknya akan membandingkan jumlah yang positif dan tidak, untuk merumuskan kebijakan selanjutnya.

“Nanti mungkin kami buat surat edaran. Kalau bisa yang mudik tidak ikut salat id di masjid, cukup di rumah saja,” tandas dia.

Senada, Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat mengimbau masyarakat untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban di Pati yang sudah kondusif.

“Kita bisa lihat pasca-Pilkades serentak kemarin tidak ada klaster baru penularan Covid-19. Ini pencapaian baik. Saat idulfitri kami harap bisa dipertahankan dengan tidak melaksanakan takbir keliling dan menjaga prokes saat salat id,” ujar dia. (mzk)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved