Breaking News:

Berita Jateng

Tokopedia Ungkap Tren Belanja Masyarakat Jawa Tengah Pada Kuartal I 2021

Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho mengungkapkan tren belanja masyarakat Jawa Tengah pada Kuartal I 2021.

Dok. Tokopedia
Tokopedia 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho mengungkapkan tren belanja masyarakat Jawa Tengah pada Kuartal I 2021.

Trian mengatakan Kategori Rumah Tangga, Kesehatan dan Perawatan Tubuh serta Elektronik menjadi tiga kategori di Tokopedia, khususnya di Jawa Tengah yang paling populer selama Q1 2021.

“Di Jawa Tengah, kategori Elektronik, misalnya, meningkat hampir 2x lipat dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Sedangkan kategori Rumah Tangga serta Kesehatan dan Perawatan Tubuh masing-masing meningkat lebih dari 2x lipat,” tutur Trian dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Rabu (28/4/2021).

Transaksi kategori Makanan dan Minuman pun melonjak hampir 3x lipat.

Lonjakan ini dialami pula oleh Bandeng Bonafide Semarang, UMKM Semarang besutan Hary Purwita dan istri sejak 1995.

Hary mengatakan pandemi menyebabkan penjualan offline-nya menurun drastis.

“Dengan memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia di tengah pandemi, transaksi kami bisa meningkat hampir 7x lipat selama Q1 2021 dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya,” tutupnya.

Kenalkan Hyperlocal

Tokopedia mendukung para pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal, melalui inisiatif hyperlocal demi mewujudkan misi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.

Praktiknya, selain mengadakan pendampingan intensif untuk UMKM di berbagai kota, Tokopedia juga berkolaborasi dengan pemerintah daerah demi mewujudkan digitalisasi UMKM lokal.

Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho, mengatakan, “Pemanfaatan platform teknologi seperti Tokopedia menjadi solusi bagi para pegiat UMKM lokal untuk dapat tetap mempertahankan usaha di tengah pandemi sekaligus menggerakkan ekonomi daerah.”

“Melalui kolaborasi bersama pemerintah daerah sepanjang Q4 2020, Tokopedia telah menggandeng penjual baru, baik individu maupun pasar tradisional di berbagai kota, seperti Semarang, Medan, Palembang, Bandung, Surabaya, Malang dan Makassar,” tambah Trian.(*)

Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved