Breaking News:

Berita Jateng

BI Jateng Gelar UMKM Gayeng 2021, Seribu Pengunjung Telah Mengunjungi Pameran di Singapura 

Kantor Perwakilan Bank lndonesia (KPw BI) Provinsi Jawa Tengah kembali mengadakan kegiatan UMKM Gayeng 2021.

Tribun Jateng/Ruth Novita Lusiani
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jateng, Pribadi Santoso ketika sedang mengunjungi stand UMKM di Karya Kreatif Indonesia (KKI), yang dilangsungkan di lobi Bank Jateng. 

Penulis: Ruth Novita Lusiani

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Kantor Perwakilan Bank lndonesia (KPw BI) Provinsi Jawa Tengah kembali mengadakan kegiatan UMKM Gayeng 2021 dengan tema UMKM Gayeng Monco Negoro: Artisan Jawa Tengah Go Internasional.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah, Pribadi Santoso mengatakan kegiatan UMKM Gayeng merupakan salah satu program kerja tahunan KPw BI Provinsi Jawa Tengah sejak tahun 2019 lalu dalam rangka mewujudkan optimisme penguatan ekonomi di Jawa Tengah, terutama dari sektor UMKM.

Dikatakannya pelaksanaan kegiatan UMKM Gayeng 2021 sebagai salah satu upaya mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui pengembangan UMKM naik kelas menuju UMKM ekspor.

“Dalam gelaran tahun ketiganya kali ini, UMKM Gayeng kembali hadir di dua lokasi yakni di Suntec City Mall, Singapura mulai 15 April hingga 23 Mei 2021 serta di Mall Paragon Kota Semarang mulai tanggal 28 April hingga 2 Mei 2021. Adapun dalam pelaksanaannya, UMKM Gayeng 2021 ini mendapatkan respon yang positif dari masyarakat, dimana kami mencatatkan dalam pelaksanaan pameran di Singapura beberapa hari ini telah dikunjungi sekira 1.000 pengunjung, yang juga telah melakukan transaksi secara langsung atau melakukan pemesanan secara pre order, dengan minat beli terbanyak tercatat pada produk home decoration dan fashion,” ucap Pribadi dalam kegiatan Opening Ceremony UMKM Gayeng di Mall Paragon Semarang, Rabu, (28/4/2021).

Inovasi penyelenggaraan di dua negara ini dilakukan guna mendorong perluasan akses pasar UMKM Jateng, baik dari sisi domestik maupun pasar ekspor. Hadirnya UMKM Gayeng dikatakan Pribadi memiliki tujuan diantaranya seperti meningkatkan kualitas UMKM melalui fasilitasi kurasi menuju UMKM siap ekspor, meningkatkan akses penjualan dan peningkatan produksi melalui aktivitas business matching  antara UMKM dan potential buyer, memberikan pengalaman (user experience) baru bagi masyarakat di dalam dan luar negeri untuk mendapatkan produk-produk UMKM berkualitas ekspor melalui pameran fisik dan virtual, mendorong ekonomi dan keuangan digital melalui transaksi pembayaran non tunai (QRIS) dan digitalisasi pemasaran produk UMKM melalui pameran baik secara fisik maupun virtual, serta mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Berwisata di Indonesia aja (Gernas BBI/BWI) bagi produk UMKM dan pelaku usaha.

“Target utama penyelenggaraan UMKM Gayeng ini diantaranya peningkatan akses pelaku UMKM terhadap pembiayaan, peningkatan akses UMKM ke pasar domestik maupun pasar internasional, peningkatan kompetensi pelaku UMKM, dan peningkatan penjualan produk UMKM,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini, tercatat sekitar 24 artisan Jateng akan hadir di showcase UMKM Gayeng di Singapura, sementara 28 UMKM akan hadir dalam agenda showcase di Semarang, dengan beragam kategori produk yakni fashion, food and beverages, craft, agro hingga furniture.

Tak hanya pameran, adapun beberapa bentuk rangkaian kegiatan UMKM Gayeng 2021, diantaranya Kurasi UMKM Unggulan dan Business Matching (Kukubima), yang merupakan kegiatan kurasi produk UMKM, capacity building, dan perlombaan via media sosial yang dilaksanakan pada periode Maret hingga Mei 2021.

Selain itu, ada juga kegiatan Sinau Online/Offline UMKM Andalan (Sinoman), yakni onboarding UMKM bekerjasama dengan marketplace, peningkatan kompetensi/kapabilitas di bidang digitalisasi dan ekspor melalui tiga strategi UMKM (Korporatisasi, Kapasitas, dan Fasilitasi Pembiayaan), promosi dan publikasi yang melibatkan baik tokoh masyarakat, public figure, influencer social media serta media baik cetak maupun online untuk memastikan efektivitas keterjangkauan informasi pelaksanaan acara sehingga pelaksanaan UMKM Gayeng dapat lebih optimal dan bermanfaat bagi masyarakat, sekaligus membangun antusiasme masyarakat untuk ikut berpatisipasi langsung dalam pembelian produk-produk UMKM Jawa Tengah.

Halaman
12
Penulis: Ruth Novita Lusiani
Editor: rival al manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved