Breaking News:

Eloknya Telaga Madirda di Lereng Gunung Lawu Karanganyar

Telaga Madirda yang berada di lereng Gunung Lawu tepatnya Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar kini menjadi objek wisata.

Tribun Jateng/ Agus Iswadi
Telaga Madirda yang berada di Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar.  

Penulis: Agus Iswadi.

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Telaga Madirda yang berada di lereng Gunung Lawu tepatnya Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar kini menjadi objek wisata andalan di Bumi Intanpari. 

Tak disangka, area yang dulunya hanya sebuah rawa kini telah berubah menjadi destinasi wisata dan menjadi jujukan pengunjung saat akhir pekan.

Kawasan wisata dengan luas total 7 hektare tersebut kini telah berbenah. Adanya penambahan gazebo, spot foto dan perahu kayuh menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain keindahan alam dan kesejukan udara di lereng gunung. 

Kades Berjo, Suyanto menyampaikan, kawasan ini dulunya hanya sebuah rawa. Kemudian dikemas menjadi tempat pemancingan dan kegiatan pecinta alam dan pramuka. Kegiatan keagamaan seperti melasti juga dilangsungkan di telaga tersebut. 

Pembangunan infrastruktur terus dilakukan sejak 2018 lalu hingga saat ini. Objek wisata ini kini dikelola oleh BUMDes Berjo. Tiket masuk Telaga Madirda cukup terjangkau, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10 ribu per orang. Telaga Madirda beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00.

"Daya tarik di telaga itu yang jelas wisata alam. Tidak dibuat dan itu alami. Serta udaranya yang sejuk. Itu yang menjadi modal untuk wisata," katanya kepada Tribunjateng.com, Kamis (29/4/2021). 

Dia menuturkan, kedepan pengelola akan melakukan pengembangan untuk daya tarik pengunjung dengan menambah spot agrowisata berisi hasil bumi dan tanaman hias di lokasi wisata. Serta wahana flying fox.

Adanya beberapa wahana tersebut tentu objek wisata ini cocok bagi keluarga untuk bersantai saat akhir pekan. Kesejukan udara dan panorama alam khas lereng gunung tentu akan membuat pengunjung betah berlama-lama di Telaga Madirda. 

Pengunjung yang ingin merasakan sensasi menaiki perahu kayuh mengitari telaga cukup membayar harga sewa perahu sebesar Rp 10 ribu. 

Apabila pengunjung ingin menginap dengan mendirikan tenda, pengelola juga menyediakan sewa peralatan camping mulai harga Rp 25 ribu hingga Rp 400 ribu.

Suyanto menuturkan, pengunjung yang hendak berkemah dan membawa peralatan sendiri cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 10 ribu per orang. 

Penulis: Agus Iswadi
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved