Breaking News:

Berita Salatiga

Jelang Idul Fitri, Satpol PP Kota Salatiga Razia Makanan Kadaluarsa

"Tadi kami temukan makanan wader laut crispy dan jajanan snack bagelan sudah tidak layak konsumsi...

TribunJateng.com/M Nafiul Haris
Satpol PP Kota Salatiga saat melakukan razia makanan kadaluarsa pada sejumlah toko modern di Salatiga, Kamis (29/4/2021) 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Menjelang datangnya hari raya Lebaran Idul Fitri 2021Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Salatiga melakukan razia makanan kadaluarsa dengan menyasar sejumlah toko modern di Jalan Jenderal Sudirman dan Sukowati Salatiga. 

Kepala Bidang Penegakan Perda Satpol PP Kota Salatiga Andi Priantoro mengatakan dalam operasi kali ini didapati produk yang telah melewati masa layak konsumsi atau expired. 

"Tadi kami temukan makanan wader laut crispy dan jajanan snack bagelan sudah tidak layak konsumsi.

Beberapa jenis makanan yang kami jadikan sasaran juga roti kemasan karena seringkali masih dijual," terangnya kepada Tribunjateng.com, di Toko Modern Ada Baru, Salatiga, Kamis (29/4/2021) 

Menurut Andi, operasi makanan kadaluarsa tersebut akan terus dilaksanakan sampai memasuki libur Lebaran Idul Fitri secara rutin dan bertahap termasuk daging gelonggongan di pasaran. 

Ia menambahkan, razia itu juga bertujuan untuk melindungi konsumen agar mendapatkan makanan atau minuman yang sehat dan baik untuk dikonsumsi. 

"Bagi pelanggar ini akan kami sita barangnya. Kami akan buat berita acara dan supaya diteruskan ke Polres Salatiga karena melanggar undang-undang pangan," katanya

Dirinya menyatakan, selanjutnya makanan tersebut akan dimusnahkan setelah selesai diproses.

Pada kesempatan tersebut, petugas gabungan yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Bagian Hukum Setda Salatiga, dan Dinas Pangan mengunjungi 14 toko modern yang menjual makanan serta bahan keperluan Lebaran Idul Fitri. (ris) 

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved