Breaking News:

Berita Kabupaten Tegal

Optimalkan Penghimpunan Zakat, Baznas Kabupaten Tegal Bentuk Gerakan Cinta Zakat

"Semoga dengan gencarnya kami mensosialisasikan mengenai zakat, target yang sudah ditentukan tahun ini bisa tercapai," harapnya

TribunJateng.com/Desta Leila Kartika
Bupati Tegal Umi Azizah saat sedang membayarkan zakatnya kepada Baznas Kabupaten Tegal, Kamis (29/4/2021) berlokasi di Pendopo Amangkurat Pemkab Tegal. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Dalam rangka mengoptimalkan penghimpunan zakat di wilayah Kabupaten Tegal utamanya ASN yang sejauh ini belum optimal, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tegal bentuk gerakan cinta zakat.

Tidak hanya mengenalkan gerakan cinta zakat, hari ini Kamis (29/4/2021) berlokasi di gedung Amangkurat Pemkab Tegal, Baznas juga memberikan bantuan sembako kepada panti asuhan (yatim piatu) dan kepada pegawai harian lepas (PHL). 

Pada kesempatan yang sama, Bupati Tegal Umi Azizah, juga membayarkan zakatnya yang selama ini memang rutin menyalurkan zakat ke Baznas setiap bulan. 

Sehingga Ketua Baznas Kabupaten Tegal Akhmad Rofiqi berharap, apa yang dilakukan oleh Bupati Umi bisa diikuti atau diteladani juga oleh bawahannya mulai kepala dinas dan lain-lain.

"Jadi untuk zakat sudah ditentukan baik secara syariah ataupun per Baznas yaitu ditentukan 2,5 persen dari gaji yang diterima oleh ASN. Saya sebut belum optimal karena kebetulan kami masih baru 2 tahun berdiri, sehingga unit pengumpul zakat (UPZ) belum seluruhnya terbentuk di dinas-dinas," ujar Akhmad Rofiqi, pada Tribunjateng.com. 

Ditanya mengenai target pengumpulan zakat, menurut Rofiqi jika melihat potensi zakat di Kabupaten Tegal maka dalam waktu setahun minimal bisa mengumpulkan Rp 15 miliar.

Jumlah tersebut hanya dari pegawai ASN saja.

Sedangkan untuk tahun 2021 ini tidak muluk-muluk, pihak Baznas menargetkan sekitar Rp 3,5 miliar bisa tercapai.

"Semoga dengan gencarnya kami mensosialisasikan mengenai zakat, target yang sudah ditentukan tahun ini bisa tercapai," harapnya.

Sementara terkait pembagian zakat pada hari ini yang juga diberikan secara simbolis oleh Bupati Tegal Umi Azizah, rinciannya ramadan bahagia sebanyak 450 paket sembako.

Ramadan ceria dibagikan untuk 24 panti asuhan yatim piatu.

Bantuan tunai mustahik untuk 1.083 Pegawai Harian Lepas (PHL) di wilayah Kabupaten Tegal.

"Paket sembako yang kami berikan seperti beras, mie, minyak goreng, telor, dan lain-lain," pungkasnya. (dta)

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved