Breaking News:

Berita Semarang

Pemkot Semarang Tata Lingkungan Belakang Balai Kota, Jalan Diperlebar Atasi Parkir Liar

Pelebaran jalan tersebut sebagai upaya mengatasi parkir liar kendaraan milik warga yang seringkali terlalu menutupi badan jalan

TribunJateng.com/Eka Yulianti Fajlin
Petugas Disperkim Kota Semarang menebang pohon di Jalan Batan Selatan, Kamis (29/4/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang tengah melakukan pelebaran Jalan Batan Selatan.

Pelebaran jalan tersebut sebagai upaya mengatasi parkir liar kendaraan milik warga yang seringkali terlalu menutupi badan jalan.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Suriyaty mengatakan, parkir kendaraan warga setempat yang memakan badan jalan membuat jalan menjadi sempit.

Kemudian, Pemerintah Kota Semarang mencari solusi mengatasi parkir di sepanjang Jalan Batan Selatan.

"Parkirnya terlalu ke badan jalan. Kami lihat ada trotoar yang di pakai oleh warga sebagai kandang ayam, tempat menaruh bunga. Kami coba rapikan, kami lebarkan jalannya untuk dijadikan lahan parkir kendaraan," papar Atik, sapaannya, saat dihubungi Tribun Jateng, Kamis (29/4/2021).

Atik memaparkan, ada sekitar lima pohon yang harus ditebang untuk mengatur akses parkir di Jalan Batan Selatan.

Penebangan pohon dilakukan oleh Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) sesuai arahan Dinas Perhubungan (Dishub) dengan melihat kebutuhan area parkir. Sedangkan, DPU melakukan perbaikan talud yang ambrol serta pelebaran jalan.

Penataan Jalan Batan Selatan sendiri dikerjakan menggunkan anggaran swakelola DPU. Dia berharap, pekerjaan penataan selesai sebelum Lebaran
Saat ini, penataan sudah mencapai 70 persen.

"Tinggal menghilangkan dangkel pohon yang susah. Kalau pakai alat berat nanti merusak talud. Sementara, kami manual membersikan dangkelnya," terangnya.

Selanjutnya, DPU akan mengaspal jalan dan memberi garis marka sebagai batas area parkir dan jalan. Kendaraan nantinya tidak boleh parkir melebihi garis marka. Dengan demikian, diharapkan arus lalu lintas di jalan tersebut tidak terganggu parkir kendaraan warga.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved