Breaking News:

Berita Semarang

Tak Kantongi Surat Bebas Covid-19, Travel dari Pacitan Masuk Semarang Diputar Balik di Kaligawe

Satu travel dari Pacitan, Jawa Timur, diminta putar balik di posko penyekatan Kaligawe, Kota Semarang

Istimewa
Petugas gabungan dari Polri, Kodim, Dishub, Denpom, Dinas Kesehatan, dan Satpol PP Kota Semarang melakukan pengetatan di 9 titik posko penyekatan, Jumat (30/4/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Satu travel dari Pacitan, Jawa Timur, diminta putar balik di posko penyekatan Kaligawe, Kota Semarang.

Kepala Bidang Pengendalian dan Penertiban Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Danang Kurniawan mengatakan, satu travel dari Pacitan tersebut harus putar balik karena penumpang tidak mengantongi surat keterangan sehat bebas Covid-19.

Ada enam penumpang, tak satupun dari mereka mengantongi surat bebas Covid-19.

"Travel itu dari Pacitan, melintas Semarang tapi tujuan penumpang macam-macam. Ada enam penumpang, tidak ada yang punya surat sehat," papar Danang, Jumat (30/4/2021).

Pengetatan di Kota Semarang telah dilakukan oleh petugas gabungan dari Polri, Kodim, Dishub, Denpom, Dinas Kesehatan, dan Satpol PP di sembilan posko yaitu gerbang tol Kalikangkung, Mangkang, Darupono Podorejo,Terminal Sisemut, Genuk, Penggaron, Tol Banyumanik, Taman Unyil, dan Cangkiran.

"Kami sudah melakukan sampling di 9 titik. Tidak hanya travel, kendaraan pribadi dari luar kota juga kami periksa, kami sampling. Kalau wilayah aglomerasi masih kami perbolehkan," terangnya.

Pengetatan dilakukan berdasarkan Addendum Surat Edaran (SE) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah.

Danang menjelaskan, dalam addendum tersebut terdapat pengetatan pra mulai 22- 5 Mei, peniadaan mudik mulai 6 - 17 Mei, dan pengetatan pasca mulai 18 - 24 Mei.

"Orang yang melakukan perjalanan, melintas Kota Semarang, bukan aglomerasi harus bawa hasil test rapid, PCR, atau genose juga bisa," sebutnya.

Sejauh ini, Danang mengatakan, petugas baru memutarbalikkan satu travel dari Pacitan tersebut.

Di sisi lain, petugas memberikan sosialisasi terutama kepada travel yang memiliki pool di Semarang agar mewajibkan penumpangnya mengantongi surat bebas Covid-19 selama masa pengetatan.

"Beberapa travel tadi kami hentikan tapi kebetulan mereka tidak bawa penumpang. Kami kasih imbauan ke pengemudi. Kami imbau yang masa pra ini, kalau ada calon penumpang harus bawa surat bebas Covid-19," katanya. (eyf)

Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved