Breaking News:

Berita Kudus

Bupati Kudus HM Hartopo Minta Lurah dan Kades Perhatikan Warga Miskin

Hartopo menjelaskan hibah sarpras peribadatan selalu menjadi prioritas bagi Pemkab Kudus meskipun banyak anggaran yang terpangkas akibat pandemi.

Diskominfo Kudus
Bupati Kudus HM Hartopo melanjutkan agenda tarawih keliling di Masjid Jami' Al-Anwar, Kelurahan Sunggingan, Kota, Kabupaten Kudus, pada Jumat (30/4/2021) malam. 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Bupati Kudus HM Hartopo melanjutkan agenda tarawih keliling di Masjid Jami' Al-Anwar, Kelurahan Sunggingan, Kota, Kabupaten Kudus, pada Jumat (30/4/2021) malam.

 Usai melaksanakan salat Isya dan tarawih secara berjamaah, Bupati Hartopo memberikan bantuan hibah sarana prasarana peribadatan dan pendidikan keagamaan secara simbolis sebesar Rp 50 juta.

Selain itu, Pihaknya juga mentasyarufkan bantuan kepada Penerima Manfaat BAZNAS berupa pembangunan pada masjid Al-Hudri Desa Burikan sebesar Rp 5 juta.

Baca juga: Polisi Pastikan DL Meninggal Minum Alkohol Campur Sirup Obat Batuk 15 Saset

Baca juga: Setelah KKB di Papua Disebut Teroris, Densus 88 Bisa Tangkap Pendukungnya di Medsos

Baca juga: Pemudik Ke Sragen Langsung Tes Swab, Reaktif Langsung Isolasi di Technopark

Baca juga: Derita Petani di Kawasan Kawah Sileri Dieng, Lahan Kentang Tertutup Lumpur, Rugi Puluhan Juta

Kemudian memberikan santunan fakir miskin penerima mustahiq zakat BAZNAS sebanyak 250 orang dengan total Rp 50 juta serta Santunan yatim piatu se-Kecamatan Kota sejumlah 438 orang dengan total Rp 109,5 juta.

"Hibah sarpras peribadatan dan santunan ini merupakan kolaborasi antara Pemkab Kudus dan BAZNAS Kabupaten Kudus, Meskipun jumlahnya tak seberapa, namun harapan kami dapat memberikan manfaat kepada umat," ucapnya. 

Hartopo menjelaskan hibah sarpras peribadatan akan selalu menjadi prioritas bagi Pemkab Kudus meskipun banyak anggaran yang terpangkas akibat pandemi Covid-19. 

"Kami akan memprioritaskan hibah sarpras peribadatan walaupun banyak APBD yang kena refocusing. Memang besaran nominal yang diterima kurang maksimal, namun setidaknya kegiatan hibah dapat rutin berjalan merata di Kabupaten Kudus untuk kemaslahatan umat dalam beribadah," terangnya. 

Tak lupa, Hartopo juga mengingatkan jamaah agar tidak lengah dalam menerapkan disiplin protokol kesehatan dalam setiap aktivitas.

"Saya lihat penerapan prokes di masjid ini sudah bagus, bagi masyarakat semua jangan sampai lengah dengan disiplin prokesnya untuk menjaga diri sendiri dan orang lain, mengingat saat ini kita masih dalam suasana pandemi dan masih berperang melawan covid-19," imbaunya.

Selain itu, Hartopo berpesan kepada Lurah dan Kades di seluruh Kecamatan Kota agar selalu memperhatikan warganya, utamanya fakir miskin dan anak yatim.

"Saya titip kepada Lurah dan Kades di Kecamatan Kota untuk terus memperhatikan warganya, utamanya fakir miskin dan anak yatim. Bantulah dan bimbinglah mereka supaya menjadi anak soleh dan solihah agar mereka kelak dapat menggapai cita-citanya sehingga dapat berguna bagi nusa dan bangsa," imbuhnya.

Terakhir, Hartopo Bupati Kudus juga menyampaikan kepada Lurah dan Kades untuk kembali mensiagakan kampung siaga.

"Posko PPKM dioptimalkan lagi, dan mikrozonansi RT/RW harus diefektifkan untuk memantau masyarakat menjelang lebaran. Koordinasi dengan Camat serta pusat kesehatan dalam hal ini puskesmas terdekat terkait adanya skrining jika ada pemudik datang," pungkasnya. (raf)

Baca juga: Niatnya Bantu Teman, 3 Sopir Tewas Tertimpa Truk saat Ganti Ban Pecah di Tol Purbaleunyi Purwakarta

Baca juga: Gara-gara Suami Jarang Pulang, Istri Bakar Motor Suami: Enak Betul, Saya yang Cicil

Baca juga: Warga Australia yang Nekat Pulang dari India Diancam Hukuman Penjara

Baca juga: Pemuda Ini Bunuh Istrinya yang Berusia 51 Tahun gara-gara Dimarahi Bangun Kesiangan

Editor: M Syofri Kurniawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved