Breaking News:

Unsoed Purwokerto

Jelang Hardiknas 2021, 6 Prodi di Unsoed Purwokerto Raih Hibah MBKM

Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) berhasil memenangkan hibah program studi

IST
Kampus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) berhasil memenangkan hibah program studi menjadi model Center of Excellence (CoE) Merdeka Belajar-Kampus Merdeka 2021.

Selain itu, lima program studi lain di Unsoed juga mendapat kepercayaan mendapat hibah kerjasama kurikulum dan implementasi MBKM dari kementerian, yakni Program Studi S1 Agribisnis, Teknologi Pangan (Fakultas Pertanian) Manajemen (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Teknik Elektro (Fakultas Teknik) dan Pendidikan Bahasa Indonesia (Fakultas Ilmu Budaya).

Hal ini sebagaimana disampaikan melalui Surat dari Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen DIKTI Tanggal 5 April 2021 Tentang Pengumuman Penerima Program Bantuan Program Studi Menjadi Model Center of Excellence (CoE) Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Tahun 2021 dan Surat Tanggal 15 April 2021 Tentang Pengumuman Penerimaan Program Bantuan Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof.Dr.Ir Akhmad Sodiq, M.Agr.Sc mengungkapkan terpilihnya Program Studi S1 Agroteknologi Fakultas Pertanian Unsoed memenangkan Hibah Program Studi Menjadi Model Centre of Excellence dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini  menjadi bentuk pengakuan atas kemampuan dan kapasitas program studi tersebut dalam rangka implementasi kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM).

“Sebagai pusat keunggulan, diharapkan program studi ini nantinya akan mampu semakin mengembangkan potensi yang dimiliki, sehingga mendorong dosennya dalam meningkatkan mutu pembelajaran performanya, sekaligus memfasilitasi mahasiswa untuk memiliki pengalaman belajar di luar program studi sesuai dengan 8 (delapan) bentuk kegiatan pembelajaran MBKM,” jelasnya.

Prof Sodiq juga mengungkapkan bahwa terpilihnya lima program studi lain di Unsoed juga mendapat kepercayaan mendapat hibah kerjasama kurikulum dan implementasi MBKM dari kementerian, sangat membanggakan.

“Hal ini akan semakin meningkatkan kapasitas program studi dalam mengimplementasikan MBKM, termasuk di dalamnya mengembangkan kurikulum dan mendorong pelaksanaan kerjasama dengan mitra,” jelasnya.

Prof Sodiq berharap program-program studi yang mendapatkan amanah ini, dapat memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya dan semakin berprestasi.

Termasuk mempersiapkan lulusan yang adaptif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat, industri, dunia usaha dan kerja, termasuk juga berwirausaha.

“Selain itu, program-program studi tersebut dapat mengoptimalkan hibah tersebut, dalam rangka meningkatkan mutu dosen, kesisteman pembelajaran dan perluasan kemitraan. Melalui raihan hibah ini, juga akan semakin memperkokoh Unsoed dalam tridharma perguruan tinggi sekaligus reputasinya sebagai kampus merdeka,” lanjutnya.

Output yang dihasilkan dari program ini adalah perbaikan Sumber Daya Manusia yang unggul untuk peningkatan serapan lulusan dan penciptaan wirausaha. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved