Berita Pekalongan

Ribuan Pemudik Sudah Tiba di Kabupaten Pekalongan, Jogo Tonggo Diketatkan

Menurut Bambang, segala upaya sudah dilakukan untuk mencegah kepulangan pemudik namun upaya tersebut tidak bisa mencegah seluruhnya

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: muslimah
Tribun Jateng/ Indra Dwi Purnomo
Sejumlah pemudik tiba di Kabupaten Pekalongan 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Ribuan pemudik memilih untuk pulang ke kampung halaman di Kabupaten Pekalongan lebih awal, hal itu untuk menghindari pembatasan larangan mudik yang diberlakukan secara nasional.

Data pemudik yang dicatat oleh Pemkab Pekalongan pada Kamis (29/4/2021) ada sekitar 2.262 pemudik yang sudah tiba dan tersebar di beberapa 19 kecamatan yang ada di Kota Santri.

"Jumlah sebanyak itu cukup besar, kita tidak bisa melarang mudik. Nyatanya, meski dilarang mereka sudah banyak sampai dan kita tidak tahu sampai nanti batas akhir kepulangan mudik itu berapa jumlah pemudik yang sampai disini," kata PJ Sekda Kabupaten Pekalongan Bambang Irianto, Jumat (30/4/2021).

Menurut Bambang, segala upaya sudah dilakukan untuk mencegah kepulangan pemudik namun upaya tersebut tidak bisa mencegah seluruhnya.

"Prinsipnya meski mereka pada datang, namun Covid-19 di Kabupaten Pekalongan dapat terkendali," ujarnya.

Pihaknya mengungkapkan, upaya untuk menurunkan Covid-19 tidak mungkin, akan tetapi minimal bisa mengendalikan agar tidak terjadi lonjakan.

"Pada Rakor Linsek Tingkat Jawa Tengah, pada Kamis (29/4/2021) kita mendapat komentar dari Gubernur, bahwa jumlah pemudik cukup banyak. Gubernur minta seluruhnya dirapid dan ini akan menjadi pemikiran kita," ungkapnya.

Namun, jauh sebelumnya pemkab sudah melaksanakan PPKM Mikro dan program Jogo Tonggo untuk mengendalikan covid di tingkat bawah.

"Dua kegiatan ini sebelumnya efektif untuk menekan Covid19 di tingkat desa," imbuhnya.

Sementara itu Kapolres Pekalongan AKBP Darno mengatakan, personil Polres Pekalongan sudah melakukan tes rapid antigen secara sampling bagi pemudik yang datang ke Kabupaten Pekalongan.

"Nantinya akan kita intens lagi mengenai sampling tes rapid tes antigen. Karena menurut data, jumlah pemudik di Kabupaten Pekalongan saat ini yang terbesar di Jawa Tengah selain di Wonogiri," katanya.

Berikut rekapitulasi kedatangan pemudik di Kabupaten Pekalongan per tanggal 29 April 2021, ada 2.262 pemudik yang tiba di Kabupaten Pekalongan, berdasarkan data dari bagian tata pemerintahan Kabupaten Pekalongan.

1. Kecamatan Paninggaran ada 401 orang,

2. Kecamatan Lebakbarang ada 47 orang,

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved