Breaking News:

Berita Karanganyar

May Day 2021, Ini Empat Tuntutan Pekerja di Karanganyar

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Karanganyar, Haryanto mengungkapkan, ada empat tuntutan yang disampaikan

Tribun Jateng/Agus Iswadi
Acara sarasehan Hari Buruh di Cafe New Normal Tasikmadu Karanganyar, Sabtu (1/5/2021) petang. 

Penulis: Agus Iswadi

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Serikat pekerja di Karanganyar dan Apindo mengikuti sarasehan yang digelar Dinas Perdagangan Tenaga Kerja dan Koperasi (Disdagnakerkop) UKM dalam rangka peringatan Hari Buruh atau May Day 2021 di Cafe New Normal Tasikmadu Karanganyar, Sabtu (1/5/2021) petang.

Dalam sarasehan tersebut juga dilangsungkan penyerahan paket sembako kepada 20 anak yatim serta 150 pekerja.

Kepala Disdagnakerkop UKM Karanganyar, Martadi menyampaikan, dinas memang tidak menghendaki adanya aksi turun ke jalan bertepatan peringatan Hari Buruh tahun ini.

"Maka kali ini kita adakan sarasehan. Karena memang saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19," katanya kepada Tribunjateng.com.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Karanganyar, Haryanto mengungkapkan, ada empat tuntutan yang disampaikan bertepatan peringatan Hari Buruh.

Meliputi tegakkan hukum ketenagakerjaan dan berikan pelindungan serta tingkatkan kesejahteraan kaum pekerja, stop kriminalisasi aktivis buruh, cabut Undang-Undang Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2011 dan berikan THR tepat waktu. 

Dia berharap adanya pos aduan yang dapat menangani permasalahan para pekerja. Di mana dalam pos aduan itu terdapat aparat kepolisian serta dinas. Sehingga bisa menangani apabila pekerja di satu perusahaan mengalami penganiayaan di tempat kerja dan lain sebagainya.

"Di Karanganyar memang belum ada (kasus penganiayaan) tapi itu perlu diantisipasi dengan dibentuknya pos aduan," ucapnya.

Selain itu pihak pekerja juga berharap supaya Undang-undang Cipta Kerja dicopot karena merugikan para pekerja.

Halaman
12
Penulis: Agus Iswadi
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved