Breaking News:

Desa Kuryokalangan Pati Berangsur Sembuh Setelah Jadi Klaster Covid-19

Pemerintah Desa Kuryokalangan, Kecamatan Gabus, mengimbau masyarakat setempat agar tetap beraktivitas normal dengan mematuhi protokol kesehatan.

Istimewa
Pemuda Desa Kuryokalangan membentangkan spanduk kampanye "Desa Kuryokalangan Aman Corona". 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Pemerintah Desa Kuryokalangan, Kecamatan Gabus, mengimbau masyarakat setempat agar tetap beraktivitas normal dengan mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Sebelumnya, 39 warga setempat terpapar Covid-19 setelah mengikuti acara tasyakuran dan manakiban yang digelar warga yang pulang dari Jakarta.

Dari 39 warga yang positif Covid-19 tersebut, 35 di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

Sisanya 4 orang masih menjalani isolasi. 

Kepala Desa Kuryokalangan, Didik Hermanto, berharap kasus covid yang terjadi kemarin menjadi pelajaran bersama.

"Kami berharap ke depan tidak ada warga yang terpapar covid lagi. Kami mengimbau agar masyarakat dalam beraktivitas tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagai bentuk kewaspadaan. Kasus kemarin harus menjadi perhatian dan pelajaran warga kami khususnya," ucap dia.

Dia mengakui, kasus klaster covid-19 di desanya yang viral sangat berdampak terhadap kehidupan warga, baik dari aspek perekonomian maupun sosial. 

Pihaknya sampai merasa perlu mengeluarkan surat edaran tentang normalisasi kegiatan di desa ketika kasus Covid-19 sudah menurun.

Normalisasi kegiatan, lanjut dia, konsekuensinya harus mematuhi protokol kesehatan ketat. 

"Alhamdulillah kemarin aktivitas mulai normal kembali. Hal itu seperti terlihat dari kegiatan pemuda desa yang melakukan bagi-bagi takjil di samping gapura masuk desa," jelas Didik.

Sekretaris Desa Kuryokalangan Hayyin Nu'man menambahkan, meledaknya kasus Covid-19 kemarin bisa memberi pelajaran kepada masyarakat agar tertib protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari. 

"Semua kegiatan yang dilakukan harus mematuhi protokol kesehatan. Peristiwa kemarin merupakan pembelajaran bersama tentang pentingnya mematuhi prokes sebagai wujud ikhtiar memutus mata rantai persebaran covid-19," tandas dia.

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved