Breaking News:

Universitas Ivet Semarang

Praktikum Menjadi Bekal Keterampilan bagi Lulusan Sarjana Gizi Unisvet Semarang

Praktikum dapat memberi ketrampilan dan bukti yang nyata dari sebuah teori sehingga mahasiswa dapat memiliki pengalaman membuktikan sesuatu teori.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Mahasiswa program Studi Gizi Universitas Ivet Semarang melakukan praktikum di laboratorium program studi gizi 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Praktikum merupakan salah satu hal penting yang dipelajari dalam dunia pendidikan selain mendalami teori-teori yang terdapat dalam setiap mata kuliah.

Praktikum dapat memberi ketrampilan dan bukti yang nyata dari sebuah teori sehingga mahasiswa dapat memiliki pengalaman membuktikan sesuatu teori atau hukum yang dapat digunakan ketika nanti telah masuk dunia kerja.

Saat ini mahasiswa gizi Unisvet Semarang telah memasuki semester dua.

Ada beberapa praktikum yang tentu berkaitan dengan dunia gizi, antara lain kimia makanan, ilmu teknolongi pangan dan kulinari.

Dalam praktikum kimia makanan, mahasiswa akan diberikan ketrampilan dalam pembuktian kandungan zat gizi yang ada pada makanan, bagaimana cara mengujinya dan bahan dan peralatan yang digunakan.

Sebagai contoh pengujian karbohidrat pada bahan makanan pokok dengan menggunakan metode uji benerdict, yaitu dengan meneteskan cairan benerdict sehingga sehingga terjadi reaksi perubahan warna pada bahan makanan untuk menentukan kadar kandungan karbohidrat dalam bahan makanan tersebut.

Untuk praktikum ilmu teknologi pangan, mahasiswa akan belajar dan mempraktekan proses pembuatan makanan atau bahan makanan yang sudah ada atau inovasi-inovasi jenis bahan makanan baru dari golongan makanan pokok seperti membuat mie yang sehat hingga membuat lauk pauk seperti bakso, nuget sayur dan lain sebagainya.

Selain praktikum kimia makanan dan praktikum ilmu tekonologi pangan yang sudah disampaikan tadi, praktikum selanjutnya yang tidak kalah menarik di semester dua ini adalah praktikum kulinari.

Praktikum kulinari memberikan pengalaman pada mahasiswa berkaitan dengan pengolahan bahan makanan menjadi sebuah masakan yang menarik dan bergizi untuk disajiakan.

Di dalam praktikum kulinari ini mahasiswa diajari bagaimana membuat masakan sesuai dengan pola makan kontinental atau Eropa dan juga tentu pola makan Indonesia.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved